HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

PBI UKMC Adakan Diskusi Implementasi Program MBKM

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terus digaungkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan diwujudkan olehuniversitas atau perguruan tinggi di Indonesia. Kebijakan kementerian ini diharapkan memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat mahasiswa, bahkan dengan terjun langsung ke dunia kerja, sebagai langkah persiapan karier.


Agar program MBKM dapat diimplementasikan dengan baik, muncullah gagasan untuk mengadakan diskusi kolaborasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) di tiga universitas yang berbeda. Rencana itu terwujud dengan terselenggaranya “Diskusi Implementasi Program MBKM” pada tanggal 24 Oktober 2023 lalu. Kampus yang terlibat adalah Universitas Katolik Musi Charitas Palembang sebagai host, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, dan Universitas Klabat Sulawesi Utara. Dimoderatori oleh Y. M. Restu Dian Raharjo, M.Hum. dan difasilitasi oleh panitia mahasiswa dari ketiga kampus, diskusi secara online ini dihadiri oleh para dosen, terutama dosen Prodi PBI, dari ketiga universitas tersebut.

Tampil sebagai pembicara tamu adalah Yanuar Dwi Prastyo, S.Pd.I., M.A., Ph.D. Beliau adalah pakar yang selama ini berkiprah di bidang implementasi MBKM, bahkan menjadi Duta Kampus Merdeka Kemendikbudristek. Beliau memaparkan apa itu MBKM dan bagaimana cara mengimplementasikannya. “MBKM adalah hak mahasiswa dan universitas berkewajiban untuk memberikan hak itu. Mahasiswa perlu mengikuti MBKM karena MBKM merupakan wadah bagi mahasiswa mencapai pencapaian sesuai kurikulum universitas,” tegas narasumber.
Pembicara pakar yang juga dosen Universitas Bandar Lampung ini turut memberi saran bahwa akan lebih baik jika mahasiswa yang mengikuti MBKM ialah mahasiswa semester 5 ke atas. Hal ini karena diharapkan ketika mengikuti MBKM para mahasiswa sudah siap dan memiliki pemahaman dalam bidangnya. Para dosen diharapkan membantu mahasiswa prodi PBI menguasai kompetensi inti keilmuannya sebelum menghadapi pemahaman dari luar prodi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang kesempatan setelah lulus nanti. Setelah lulus nanti, para mahasiswa dapat mempertanggungjawabkan keilmuannya yang sudah didapatkan selama menimba ilmu di universitas.


Program MBKM menjadi program persiapan karier yang komprehensif untuk mempersiapkan generasi terbaik Indonesia. Seturut apa yang ditulis dalam website Kampus Merdeka Kemendikbudristek bahwa Kampus Merdeka adalah cara terbaik berkuliah. Mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk membentuk masa depan yang sesuai dengan aspirasi karier mereka. Ketiga universitas yang mengadakan diskusi kolaborasi ini pun berkomitmen mengimplementasikan program MBKM secara konsisten di konteks masing-masing. (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *