HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Pastikan Pengamanan Cap Go Meh, Kapolrestabes Palembang Datangi Pulau Kemarau

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Untuk memastikan kesiapan dan keamanan pada pelaksanaan perayaan Cap Go Meh Tahun 2023. Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib meninjau langsung Pulau Kemaro Kecamatan Ilir Timur (IT) 2 Palembang, Rabu (1/2).

Kedatangan Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib didampingi para Kasat dan Kapolsek IT 2 Palembang dan Kapolsek Kalidoni Palembang, meninjau langsung setiap sudut di Pulau Kemarau, menjelang puncak perayaan Cap Go Meh 2023 yang jatuh pada tanggal 3 Februari 2023, setidaknya ada bwberapa poin yang menjadi perhatiannya.”Untuk perayaan Cap Go Meh di Palembang, tadi kita mengecek situasi dan kondisi di lapangan, kekurangan- kekurangan yang perlu ditambahkan untuk dipasang, terkait petunjuk arah,” ungkap Kombes Pol Ngajib.

Selain itu untuk kekurangan kedua, dikatakan Kapolrestabes Palembang, pembatas atau pagar tongkang yang menjadi jalan menuju ke Pulau Kemaro masih ada celah yang dikhawatirkan ada pengunjung yang terjatuh ataupun yang melompat ke sungai.”Yang perlu diperbaiki ada beberapa celah pembatas yang perlu ada pembatasan yang jelas, karena dikhawatirkan ada yang melompat atau adanya kelebihan, masyarakat yang masuk,” jelasnya.

Untuk pengamanan pelaksanaan Cap Go Meh 2023 dengan perkiraan pengunjung dan jemaah, pihak Kapolrestabes Palembang menuturkan jika pihaknya menurunkan 775 personel gabungan TNI dan instansi terkait. “Rencana kita akan melibatkan 775 orang personel yang akan kita libatkan untuk pengamanan, ini gabungan TNI Polri, dari Dishub, Sat Pol PP, KSOP dan TNI AL untuk pelaksanaan pengalaman kegiatan ini,” ujarnya.

Untuk lalu lintas menuju Pulau Kemarau, dikatakan Kombes Pol Ngajib pihaknya sudah melakukan pengecekan dan akan memberikan tanda khusus bagi pengguna jalan baik roda 4 maupun roda 2 yang datang untuk berkunjung maupun yang mau beribadah, terutama bagi pengunjung disabilitas dan lansia. “Kita akan memberi tanda khusus tanda masuk dan tanda keluar, dan akan pengkhususan nanti bagi tempat masuk dan keluar orang- orang yang lansia dan disabilitas, itu akan kita khususkan dan utamakan,” jelasnya.

Sementara itu, Tokoh Agama sekaligus Pengurus Pulau Kemaro, Tjik Harun mengatakan saat ini persiapan menjelang puncak Perayaan Cap Go Meh 2023 hari ini baru mencapai 90%, pada perayaan Cap Go Meh akan ada ritual yang dilaksanakan pada tengah malam pada puncak perayaan. “Persiapan hari ini sudah 90%, tinggal pemasangan dan perapian lampu dan tenda, untuk ritual sembahyang ada seperti pada malam puncak perayaan jam 12 malam kita kurban kambing di depan altar,” jelas Harun.

Dan diperkirakan umat dari seluruh nusantara dan luar negeri akan tiba sebelum puncak perayaan Cap Go Meh yang jatuh pada tanggal 3 Februari 2023.”Tahun ini kita berterimakasih kepada bapak Presiden PPKM sudah dicabut, untuk jemaah sudah ada yang datang, jika dibanding tahun -tahun sebelumnya jemaah bisa mencapai 10 ribuan, ada yang dari luar kota hingga. luar negeri,” katanya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *