Manfaatkan Limbah Jerami Untuk Kesuburan Tanah

PATI,MEDIASRIWIJAYA – Banyak diantara sebagian petani yang menganggap bahwa jerami merupakan limbah yang perlu di musnahkan salah satunya dengan cara dikabar, karena dianggap tidak mempunyai manfaat. Salah satu manfaat jerami untuk tanah atau lahan sawah yang bisa dipetik yaitu tingkat kesuburan tanah manjadi lebih baik daripada sebelumnya, ini dikarenakan didalam jerami banyak pupuk yang dikandungnya mulai dari pupuk N, P, K, S, Si, Ca, dan Mg.

Terlepas dari hal itu diDesa Tamansari, Kecamatan Jaken yang saat ini sedang digelarnya pelaksanaan TMMD Reguler ke 111 Kodim 0718/Pati mayoritas warganya bertani dengan menanam padi, untuk limbah pertanian berupa jerami biasanya mereka gunakan untuk cadangan pakan ternak. Namun tidak sepenuhnya jerami akan digunakan semua sehingga masih terdapat sisa-sisa yang berserakan disawah, menyiasati hal itu saat membajak jerami dibenamkan ke lahan sawah akan sangat bermanfaat untuk makanan mikroorganisme tanah.

Seperti yang terlihat saat Serda Fajarianto anggota satgas TMMD di sela Istirahatnya berbincang dengan Darni (49) yang sedang menunggu kedatangan Traktor untuk membajak sawahnya. Dalam obrolannya dikatakan oleh Darni jika jerami disini tidak ada yang dibakar warga namun di manfaatkan untuk kesuburan tanah. Karena bila dibakar bahan organik atau C-organik hanya akan terbakar menjadi karbon atau arang.

“Selama ini dalam pertanian saya selalu mengikuti penyuluhan sehingga kami banyak mengetahui tentang penanganan limbah pertanian kususnya jerami,” ungkapnya

Sementara itu Serda Fajarianto mengungkapkan dengan silaturahmi komsos dengan Darni, ia lebih mengetahui lagi tentang pemanfaatan limbah pertanian kususnya jerami dalam bidang pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *