HeadlineinternasionalNasionalPalembangPendidikanSUMSEL

Mahasiswa MDP Berjaya di Ajang Internasional, Nabila Anggi Arfianti Raih “Best Essay” di Istanbul Youth Summit

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Istanbul Youth Summit merupakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTI) yang diinisiasi oleh Yayasan Youth Break The Boundaries. Dimana IYS di tahun 2024 ini sukses diselenggarakan di Istanbul, Turki pada tanggal 4 – 7 Maret lalu. Serta diikuti oleh 27 negara dari seluruh dunia, dengan ratusan partisipan. Dengan tagline “Collaboration In Diversity”. Seleksi pertama kegiatan ini dilakukan pada bulan September 2023 lalu, dengan membuat essay yang dikirimkan ke komite/ panitia IYS itu sendiri. setelah dinyatakan lulus seleksi partisipan/ delegasi ditugaskan untuk mengerjakan sosial projek bersama dengan delegasi lain dari berbagi negara. Beberapa negara tersebut ialah negara tetangga, yakni Malaysia, kemudian Mongolia, Pakistan, Sudan, Mesir, Turki, Amerika, dll.

Nabilah Anggi Arfianti Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen, lalu Putri Nilam Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa Program Studi Informatika Universitas Multi Data Palembang, menjadi delegasi perwakilan dari Kota Palembang yang mewakili Indonesia pada konferensi ini.

Acara ini berlangsung di dua hotel, yaitu Hotel Windsor dan juga Hotel Golden Tulip yang berada di Bayrampasa, Istanbul, Turkiye. Dimana, dihari pertama pada tanggal 4 Maret 2024 merupakan Gala Dinner (Welcoming party and group gathering). Semua delegasi/ partisipan sangat menikmati welcoming party tersebut, dengan suguhan Turkish Dishes yang lezat dan pertunjukan tarian khas Turki yakni Tari Sufi.

Kemudian, di tanggal 5 Maret 2024 merupakan acara Opening IYS dan Panel Session yang diisi oleh pembicara luar biasa dengan membahas tema “Innovation and Collaboration: Unlocking Youth-driven Solution for Sustainability”, dengan bahasan utamanya yaitu, Quality Education, Good Health and Well-Being, Decent Work and Economic Growth, dan Climate Action. Pembicara pada kegiatan ini berasal dari berbagai negara, mereka adalah Neona Ayu dari Indonesia, Manal Boujnir dari Maroko, Nida Saithi dari Pakistan, Erkan Girisit dari Turki Alumni (YTB), Dr. Sahin Yaman dari International Trade Advisor – Health Industry Employers’ Association of Turkey, Dr. Cindy May Mc Guire Youth Influencer, Indonesia, and Fahri Firdaus Business Development at Dayalima Abisatya, Indonesia, Agustinus Toko Susetio Head of CSR and Institutional Relations, PT ANTAM Tbk, Indonesia, Hira Listya Pinastika as Product Scientist PT Paragon Technology & Innovation, Adisty Ghaisani Muthiah Learning Consultant/Psychologist at Dayalima, Indonesia, and Ayşegül Ketenci, Akademisyen and Ekotürk TV Assistant Professor İstanbul Kültür Üniversitesi, Turkiye.

Lalu ditanggal 6 Maret 2024 acara berlangsung dengan membahas projek sosial (Social Project) yang dipresentasikan oleh 15 grup yang berisikan seluruh partisipan dari berbagai negara. Projek ini sudah disiapkan dan dijalankan dari bulan Desember tahun lalu. Setelah semua grup telah mempresentasikan projek mereka, malamnya merupakan malam budaya (Cultural Night) dan juga malam penghargaan (The Awarding Night). Kategori penghargaan terbagi menjadi 8, yaitu Best Male Presenter, Best Female Presenter, Best Delegates, Best Group Leader, Best Essay, Best Group, Best Social Project, Most Active Group.

Pada malam penghargaan Mahasiswa Universitas Multi Data Palembang diberikan kesempatan untuk membuka acara dengan membawakan tarian khas Indonesia, yaitu tarian Wonderful Indonesia dengan menggunakan baju tari khas dari Bali. Kemudian, Nabilah mendapatkan penghargaan Best Essay dalam konferensi internasional tersebut dengan menggunakan baju adat dari Bumi Sriwijaya yaitu Aesan Gede. (mdp.ac.id/daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *