LPPM UIN RF Gelar Lomba Peningkatan Baca Tulis Arab Melayu sekota Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Raden Fatah menggelar Lomba Peningkatan Baca Tulis Arab Melayu sekota Palembang diadakan  pada tanggal 5 November 2021. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka melestarikan Arab Melayu di kalangan remaja. Peserta yang mengikuti lomba ini berjumlah 90 peserta dari kalangan siswa SMA/MA sekota Palembang dan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di kota Palembang.
Acara Lomba Peningkatan Baca Tulis Arab Melayu sekota palembang dibuka oleh Wakil Rektor 1 UIN Raden Fatah Palembang, Bapak, Dr. Muhammad Adil, M. A. Menurut beliau, membudayakan baca tulis Arab Melayu di kalangan remaja merupakan hal yang sesuai dengan distingsi UIN Raden Fatah Palembang. Untuk itu, kegiatan ini sangat didukung oleh pihak universitas untuk dijadikan kegiatan rutin tahunan.
Lomba Peningkatan Baca Tulis Arab Melayu sekota Palembang melibatkan juri-juri yang memang pakar pada bidang baca tulis Arab Melayu. Ketiga juri yaitu Ust. Orbit Rupawan, S. Th. I. dari Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang, Ust. Drs. Masyhur, M. Ag., Ph. D., dosen UIN Raden Fatah Palembang, serta Ust. KMS. H. Andi Syarifuddin.
Pada sesi pertama, seluruh peserta secara serentak menuliskan Arab Melayu dari dua kalimat yang dibacakan oleh juri. Waktu yang diberikan untuk menulis yaitu hanya 5 menit saja. Selanjutnya, pada sesi kedua, peserta diminta untuk mengambil undian lembaran kitab HISAYATUS SHALIKIN (SYAIKH ABDUS SHAMAD AL PALIMBANI) untuk dibacakan oleh peserta di hadapan juri.
Juara 1 Putera dengan nama Andi Putera dari UIN Raden Fatah Palembang, Juara 2 Putera dengan nama M. Dzaki Almaulidi dari MA PPNI Seribandung, Juara 3 Putera dengan nama Amra Muslim dari Ponpes Nurul Islam.
Juara 1 Puteri dengan nama Muti’ah dari Ponpes Nurul Islam, Juara 2 Puteri dengan nama Gejora Leanitra dari Ponpes Nurul Islam, Juara 3 Puteri dengan nama Septiana Moulisa dari Ponpes Nurul Islam. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.