Koramil Sengah Temila Kembali Menerjunkan Babinsa Lakukan Pengawalan Tracing

Landak – Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila kembali terjun bersama Tim Surveilans Puskesmas Pahauman melakukan kegiatan Tracing di Dusun Tumahe Desa Paloan Kecamatan Sengah Temila, Senin (14/6/2021).

Terjadi penolakan dari warga yang akan dilakukan Swab namun setelah diberikan pengertian oleh Serma Damianus Babinsa Koramil Sengah Temila beserta tim akhirnya dua orang kontak erat ini bersedia untuk diambil sampel swab.

Diruang kerjanya, Danramil Sengah Temila Letda Arm Suwandi mengatakan, di daerah pedesaan dan tertinggal, penolakan kerap terjadi karena adanya stigma bagi warga desa bila terjangkit Covid 19 akan menjadi aib dan membuat malu keluarga serta dijauhi oleh warga sekitarnya.

“Ini menjadi tanggung jawab moral bagi kami selaku aparat kewilayahan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan kepada warga desa bahwa pengambilan test usap (swab) ini baik dilakukan guna mengetahui kondisi tubuh kita apakah negatif atau positif Corona serta akan lebih baik bila melakukan isolasi mandiri di rumah agar cepat sembuh dan dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” ujar Letda Arm Suwandi.

Ditempat terpisah, Kades Paloan Donianus mengatakan, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas selaku pendamping desa memberikan peran dan kontribusi yang besar dalam masa pandemi Covid 19 ini terutama dalam kegiatan pendampingan tracing dan vaksinasi di desa.

“Diharapkan masyarakat beserta keluarganya semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan di masa sekarang ini, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan adalah kunci utama terhindar dari penularan Covid 19,” pesan Donianus. (Mph1201)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *