Koramil Menjalin Ikuti Pembukaan Adat Balala’ Bahakng

Landak – Babinsa Koramil 1201-06/Menjalin Sertu Masro menghadiri Upacara pembukaan Ritual Adat Dayak Balala’ Bahakng di kampung Bome,Dusun Tabangan, Desa Menjalin, Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak, Rabu(26/5/2021).

Sertu Masro menuturkan bahwa Koramil Menjalin sangat mendukung kegiatan ini dan akan melaksanakan monitoring serta pengawasan terhadap aktifitas masyarakat bersama instansi terkait lainnya.

“Adat Balala’ ini sudah sejalan dengan anjuran Pemerintah agar masyarakat mengurangi aktifitas diluar rumah,” kata Masro.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Menjalin Thomas Apon, menerangkan bahwa Kegiatan Adat Balala’ Bahakng ini adalah salah satu Kearifan lokal Masyarakat Dayak di Kecamatan Menjalin yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat.

“Upacara adat Balala’ Bahakng ini merupakan kegiatan dimana seluruh lapisan masyarakat mulai hari ini. Rabu(26/5/2021) pukul 18:00 WIB sampai dengan Kamis(27/5/2021) jam 18:00 WIB tidak ada yang melakukan aktifitas dan hanya dirumah saja,”jelas Apon.

“Apabila ada warga masyarakat yang melanggar aturan Balala’ tersebut akan dikenai sangsi Adat”,tambahnya.

Hadir dalam pembukaan Ritual Adat itu antara lain Babinsa,Ketua dan Wakil DAD Menjalin, Kepala Desa dan Pengurus Adat.(mph201)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *