EkonomiHeadlineNasionalPalembangSUMSEL

KNEKS, Kemenkeu, KDEKS Sumsel Perkuat Permodalan UMKM melalui KUR dan UMi Syariah

 

Foto bersama kegiatan Workshop & Business Matching Pembiayaan Syariah di Aula Gedung Keuangan Negara Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Sinergi KNEKS, Kemenkeu SATU Sumsel dan KDEKS Sumsel menghasilkan gelaran business matching yang mempertemukan UMKM potensial dengan penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah dan Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Syariah. Kegiatan ini digelar di Aula Gedung Keuangan Negara Palembang pada tanggal 11 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh tak kurang dari 125 UMKM di lingkup Provinsi Sumatera Selatan dan penyalur KUR dan UMi Syariah di Sumatera Selatan.

Keuangan Syariah memberikan berbagai layanan untuk membantu UMKM dan dapat diakses oleh berbagai tingkatan pelaku UMKM mulai dari usaha ultra mikro sampai dengan pengusaha besar yang membutuhkan dukungan permodalan. Namun untuk perluasan jangkauan tersebut, masih diperlukan peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah kepada UMKM tersebut. Seluruh pihak yang terkait mulai dari Pemerintah sampai dengan non-Pemerintah perlu membantu UMKM menemukan mitra lembaga Keuangan syariah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi usaha pelaku UMKM.

Dalam rapat pleno KNEKS Desember 2022, Wakil Presiden selaku Ketua Harian KNEKS mengharapkan berbagai Kementerian/Lembaga dapat turut memperkuat penyelenggaraan Business Matching agar terjadi peningkatan jumlah UMKM dan nilai pembiayaan syariah dari UMKM yang menjadi peserta kegiatan tersebut. “KNEKS menindaklanjuti arahan tersebut dengan menyelenggarakan Workshop Pembiayaan Syariah yang salah satunya bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, OJK dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah,” ujar Iqbal, Deputi ME KNEKS. “Palembang menjadi kota ke-3 dari penyelenggaraan Pilot Project Workshop Pembiayaan Syariah. Diharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh Kemenkeu dan KDEKS di berbagai provinsi,” lanjut Iqbal.

Kementerian Keuangan mengambil peran aktif dalam membina UMKM melalui Sekretariat Bersama Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan. Program pembinaan dikoordinasikan melalui Kelompok Kerja Teknis Joint Program UMKM. “Kami sebagai perwakilan Kementerian Keuangan di daerah dalam kerangka Sekretariat Bersama Kemenkeu Satu Sumatera Selatan melalui Kelompok Kerja Teknis Joint Program UMKM diberikan kesempatan berkolaborasi bersama KNEKS dan rekan-rekan dari Lembaga Keuangan Syariah, yakni Bank Sumsel Babel Syariah dan Unit Usaha Syariah Pegadaian,” ujar Lidya Kurniawati Christyana, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan. Salah satu peran Kementerian Keuangan adalah melalui fasilitasi KUR Syariah yang disalurkan melalui Bank Syariah dan Pembiayaan UMi Syariah yang disalurkan melalui Unit Usaha Syariah (UUS) Pegadaian dan UUS Permodalan Nasional Madani (PNM).

KDEKS Sumatera Selatan mendukung penuh inisiatif KNEKS dan akan terus menggiatkan pengembangan ekonomi dan Keuangan syariah di Provinsi Sumatera Selatan. “Diharapkan para pelaku UMKM yang hadir sebagai peserta dapat serius memahami ekonomi dan keuangan secara syariah, kedua keuangan usahanya harus dikelola secara syariah melalui lembaga syariah, dan ketiga mari kita berkolaborasi untuk bangkit bangun ekonomi secara syariah di Sumatera Selatan,” ujar Kholid Mawardi, Direktur Eksekutif KDEKS Sumatera Selatan. KDEKS akan berkoordinasi lebih intensif dengan Perangkat Daerah, OJK, Kemenkeu, dan pemangku kepentingan yang terkait dengan pengembangan ekonomi syariah di Sumatera Selatan untuk menyelenggarakan kegiatan serupa di masa mendatang.

Antusiasme pelaku UMKM sangat tinggi. Dari 152 UMKM yang mendaftar, 111 UMKM diantaranya dinyatakan lolos proses kurasi. Dalam proses kurasi, akan dilihat kecocokan antara kondisi UMKM dengan eligibility criteria yang dimiliki oleh lembaga Keuangan syariah penyalur KUR Syariah dan UMi Syariah. Salah satu peserta Ibu Sandra Yulianti memiliki usaha bawang goreng mengaku sangat merasakan manfaat kegiatan hari ini. Ibu Sandra mengajukan pembiayaan UMi Syariah. “Hadirnya kegiatan ini membuat kami merasa di apresiasi atas kehadiran UMKM sebagai penunjang ekonomi di Sumsel, selain itu kami juga dijembatani untuk melakukan pertemuan dengan lembaga keuangan syariah,” ujar Sandra. (rel)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *