Kemenkominfo Ajari Cerdas Jualan Online di Medsos

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Kemenkominfo RI kembali memberikan pencerahan bagi masyarakat Indonesia. Selain menginginkan melek dunia digital, masyarakt juga diarahkan memanfaatkan setiap peluang  yang ada, termasuk peluang jualan online di media sosial (medsos), terutama dalam menghadapi situasi pandemic Covid 19 yang tak tahu kapan berakhirnya ini.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kota Palembang  yang digelar, Selasa (24/8) kali ini mengangkat topik “Asik Jualan Online Pakai Media Sosial”.  Webinar yang dimulai pukul 09.00 WIB kali ini menampilkan 4 narasumber yang semuanya selain praktisi juga pelaku usaha yang benar-benar memberikan testimoninya dengan pengalaman berjualan online di medsos.

Ruda Ermansyah, Ketua Asosiasi UMKM dan IKM Nusantara & Enterpreneur dengan dipandu moderator Muhammad Reza Fakhrezi selama lebih kurang 20 menit memaparkan materi yang sangat menarik. Semua Bisa Jadi Duit, siapa yang tak tertarik? “Media berkembang dari platform untuk berbagi informasi saja menjadi media / platform yang digunakan dalam ragam kebutuhan manusia salah satunya adalah berjualan/ promosi usaha bahkan hingga digunakan menjadi media mengirimkan undangan digital. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin berjualan online, di antaranya perbanyak membuka literature orang-orang sukses berbisnis di media online. Selanjutnya, ketika ingin berjualan juga perhatikan konten yang dikelola diterima oleh semua kalangan konsumen biasanya dengan menggunakan tagar/tag line,” ujar Ruda yang juga pada kesempatan ini memberikan tips-tips seperti perbanyak pengalaman yang didapatkan konsumen dalam berinteraksi dengan pemilik brand, luangkan waktu untuk berinteraksi dengan konsumen, secara langsung maupun menanggapi interaksi di sosial media.

Ariodillah Hidayat, S.E, M.Si, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya pada kesempatan ini juga berbagi pengalaman. Sebagai praktisi, Ariodillah juga secara teori ilmu ekonomi berbagi denga para peserta webinar yang digelar atas inisiatif Kemenkominfo RI dengan memberikan beberapa fasilitas kepada peserta seperti e-Sertifikat dari Kementerian Kominfo, gratis dan hadiah menarik bagi 10 peserta.

Narasumber lain di antaranya Dian Natale (Strategic Brand Identity, Founder TokozioDesign.com) dan Astri Dwi Andriani, S.I.Kom., M.I.Kom. (Dekan Fakultas Komunikasi dan Penggiat Media Digital).

Moderator Reza Fakhrezi pun tak lupa mempersilahkan keynote speech Walikota Palembang H Harnojoyo menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan webinar ini. Lulu Elhasbu sebagai Key Opinion Leader dengan eksistensinya sebagai  Owner Elhasbu Fashion dan  Spoke Person Wardah Beauty berbagi pengalaman.

Terpisah, Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel diikuti secara daring oleh 483 orang peserta dari kalangan pelaku usaha dan umum.

Untuk webinar selanjutnya imbuh Suryati, diselenggarakan Kamis 26 Agustus 2021 pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB dengan topic Internet Sehat Anak Cerdas. Narasumber antara lain Dr. Ir. Soni Trison, S.Hut, M.Si (Praktisi Bisnis & Dosen), Dr.rer.nat. Doni Yusri, SP., MM (Dosen dan Praktisi) ,

Dra. Hj. Purwiastuti Kusumastiwi, M.M (Kepala SMA Plus Negeri 17 Palembang) dan  Drs. H. Slamet Cahyono, M.Pd., MT of GLPDN (Kepala Sekolah SMP Negeri 13 Palembang, Master Trainer of GLPDN).

Pendaftaran melalui tautan https://s.id/lidigpalembang26agustus, Link Zoom: https://us02web.zoom.us/j/4209362077. (sf)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *