Kawal Tracing di Tebedak, Babinsa Ngabang: Jangan Keluar Rumah Sebelum Selesai Isolasi

Landak – Babinsa Koramil 1201-11/Ngabang, Praka Didik bersama petugas kesehatan dari Puskesmas Ngabang melakukan contact tracing di Dusun Ngedang, Desa Tebedak, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Sabtu (5/6/2021).

Praka Didik mengatakan, tracing bertujuan untuk mengetahui orang-orang yang berkontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tim dari Puskesmas melakukan tes swab untuk memastikan apakah warga yang kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 positif atau negatif sehingga penularan virus bisa dicegah,” ucap Praka Didik.

Ia juga mengajak anggota keluarga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 untuk melakukan swab dan isolasi mandiri demi kebaikan semua pihak dan percepatan penanganan kasus.

“Ada baiknya, jangan keluar rumah setelah di tes swab PCR sampai selesai masa isolasi, agar menjadi kesadaran dan beban moral tersendiri untuk memastikan kesehatannya lebih dulu, sebelum bergabung dengan lingkungan, dan kembali beraktifitas normal, dengan melakukan swab dan tracing mandiri,” terangnya.

Sementara itu, Tracer Puskesmas Ngabang, Riko mengungkapkan tracing contact dilakukan terhadap keluarga yang pernah menjalin kontak erat dengan warga terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami merasa terbantu dengan keikutsertaan Pak Babinsa dalam tracing contact, sebab tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak,” ungkapnya. (Mph1201)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *