HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Kasal Serahkan Santunan Kepada Korban Kebakaran Rumdis TNI AL Arafuru Palembang

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Kepala Staf Tentara Nasional Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., yang diwakili oleh Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksamana Pertama TNI Eko Sunarjanto, menyerahkan Santunan kepada korban kebakaran Rumah Dinas (Rumdis) TNI AL Arafuru Palembang, bertempat di di Aula SMB II Mako Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palembang. Jumat (06/01/2023)

Santunan diberikan kepada para korban terdampak kebakaran yaitu, Serda Bah Sunarto dan Warakawuri ibu Halimah, dimana kedua rumah korban habis terbakar. Tidak hanya rumah beserta isinya, satu unit mobil milik salah satu korban yang berada didalam lokasi kejadian juga turut terbakar. Beruntung dalan kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa karena pada saat kejadian seluruh penghuni sedang tidak berada di lokasi kejadian. “Iya bantuan dari Bapak Kadal saat ini berupa uang, karena kita tahu dampak dari kebakaran, dimana saat kejadian (penghuni) tidak ada di rumah, banyak peralatan rumah tangga ikut terbakar, ini juga diharapkan dapat meringankan dan membantu para korban,” ungkap Kadisfaslanal, Laksamana Pertama TNI Eko Sunarjanto.

Dijelaskan Laksamana Pertama TNI Eko. Adapun santunan yang diberikan Kasal kepada korban kebakaran Rumdis berupa bantuan dana, dimana pada saat ini para korban sangat membutuhkannya untuk mengganti beberapa kebutuhan seperti pakaian dan kebutuhan pokok lainnya yang turut terbakar pada saat kejadian. Pihak Lanal Palembang dan Dinas Sosial Kota Palembang juga turut membantu meringankan kebutuhan korban dengan memberikan kebutuhan sehari-hari dan tempat tinggal (rumdis) pengganti yang juga berada di dalam lokasi kejadian. Jelasnya. Untuk para korban, dituturkan Kadisfaslanal. Kedua korban selain di tempatkan di Rumah Dinas TNI AL yang ada di daerah lain juga ada yang tinggal sementara bersama anaknya, selama proses Rumah Dinas TNI AL yang terbakar di renovasi. “para korban ini yang pertama kita masih mempunyai beberapa rumah dinas yang ada di sini, korban pertama Ibu Halimah yang sudah tua, mempunyai keputusan untuk ikut putranya. Kalau Serda Bah Sunarto kebetulan kita ada ruang dinas di Jakabaring, pak Sunarto di relokasi di Jakabaring,” terangnya. ditegaskannya. “Tentu akan kita perbaiki, sesuai dengan pengajuan anggaran, bersama sama mengingat tahun 2023 sudah terprogram, kejadian ini diluar program yang ada, maka secara bertahap akan kita perbaiki,” tugasnya.

Sementara itu. Serda Bah Sunarto, mengucapkan rasa syukur dan Terimakasih atas bantuan dan perhatian Bapak Kadal, atas musibah yang terjadi. “Saya mengucapkan Terimakasih banyak kepada Bapak Kadal atas perhatian dan simpatinya kepada kami, bantuannya kepada kami. Saat kejadian kami ada di Mako TNI AL sedang doa dan Dzikir bersama, jadi barang barang tidak ada yang bisa diselamatkan termasuk baju dinas,” ucapnya.

Setelah acara penyerahan Santunan, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi bekas terjadinya kebakaran. Dalam peninjauan tersebut Kadisfaslanal didampingi oleh Komandan Lanal (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr.Hanla, para perwira staf Lanal Palembang dan para personel korban kebakaran.

Kejadian kebakaran tersebut terjadi bertepatan dengan malam pergantian tahun beberapa hari lalu, tepatnya pada hari Sabtu malam, tanggal 31 Desember 2022 bertempat di komplek Rumdis TNI AL Arafuru di daerah Sei Buah, Palembang. Dimana pada saat itu seluruh personel dan keluarga Lanal Palembang sedang berada di Mako Lanal Palembang untuk melaksanakan kegiatan Dzikir Bersama dalam rangka menyambut pergantian tahun, sehingga api tidak terdeteksi dan menjalar dengan cepat. Hingga saat ini pihak TNI AL bekerja sama dengan pihak Kepolisian setempat masih mendalami penyebab terjadinya kebakaran tersebut. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *