Kapolda Sumsel hadiri Launching Aplikasi Songket, Pendeteksi Karhutla

PALEMBANG. MEDIASRIWIJAYA,-  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru secara resmi meluncurkan  Aplikasi Digital Songket, bertempat di Griya Agung, Palembang, Jumat (07/05).

Manfaat Aplikasi Digital Songket ini berguna untuk mendeteksi secara dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah). Peluncuran aplikasi Songket turut dihadiri Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Wakil Ketua DPRD Kartika Sandra Desi berikut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Gubenur Sumsel Herman Deru menjelaskan, jika Songket merupakan sistem pemantauan berbasis webgis sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam pencegahan dan pendendalian kebakaran hutan dan lahan di Sumsel. “Aplikasi ini terintegrasi kesemua lintas sektor kedinasan. Termasuk masyarakat juga dapat menjadi kontributor membantu mencegah karhutla,” jelas Herman Deru.

Dikesempatan tersebut, Ia juga lantik kepengurusan Forum Forum Daerah Aliran Sungai (DAS)  sekaligus menyertakan Forum DAS sebagai mitra kepala daerah dalam mengawasi perusahaan-perusahaan dan oknum masyarakat yang tidak menaati aturan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan  (IPPKH).

“Semua diharapkan menjadi pelapor aktif sehingga cepat kita atasi jika ada gejala-gejala kebakaran hutan. Kita bergerak berintegrasi Polri, TNI, Basarnas, BPBD, segenap NGO. Sumsel bebas Karhutlabun,” ujarnya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *