Kapolda dan Gubernur Sumsel Monitoring Pengamanan Malam Natal Tahun 2021 

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winarjadtmiko, S.E., M.B.A., bersama Forpinda Provinsi Sumsel, monitoring dan pengecekan pengamanan Malam Natal Tahun 2021 yang dilaksanakan di wilayah Kota Palembang, Kamis (24/12).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs.Toni Harmanto,MH melalui Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, untuk pengamanan Ibadah malam kudus Natal pihaknya menempatkan beberapa personel Kepolisian di beberapa gereja yang ada di seluruh satuan wilayah jajaran Polda Sumsel guna kelancaran ibadah. “Untuk di Kota Palembang sendiri, ditempatkan personel Polrestabes Palembang dan diback up oleh personel Polda Sumsel baik yang berpakaian Seragam Polri maupun preman,”ungkap Supriadi.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi MM menambahkan, sebagai bentuk operasi Kepolisian terpusat dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah COVID-19.”Kegiatan pengamanan bersifat terbuka dalam pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan pencegahan dengan didukung deteksi dan penegakan hukum serta dilaksanakan dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” tukasnya

Sebelum melaksanakan kegiatan monitoring, Forkopimda Sumsel melaksanakan sholat Isya berjamaah di Griya Agung kemudian dilanjutkan monitoring dan pengecekan pengamanan Gereja dan Pospam Malam Natal Tahun 2021 di wilayah Polrestabes Palembang, dengan rute sebagai berikut Gereja Santa Yosef, Gereja Santa Maria.

Serta pengecekan Pospam Air Mancur dengan agenda monitoring situasi Kamtibmas dan pemberian bingkisan kepada personel Pospam dan dilanjutkan dengan Lauching Vaksinasi 24 jam Polrestabes Palembang di Bumame Farmasi Pahlawan Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara itu. Gubernur Sumsel H.Herman Deru mengatakan monitoring di malam natal ini untuk memastikan, Natal 2021 berlangsung di Sumsel berjalan baik dan kondusif.

Hal itu dinyatakan saat meninjau pelaksanaan misa malam Natal di sejumlah tempat ibadah yang ada di kota Palembang seperti Gereja Santo Yosef, Gereja Santa Maria serta Pos Pengamanan Natal.2021 dan Tahun Baru 2022. “Semua terlibat untuk mengamankan, khususnya TNI dan Polri yang selalu sigaf agar saudara kita yang melaksanakan misa malam natal ini nyaman, ” ujar Herman Deru.

Menurutnya kondusifnya Natal tahun 2021 di Sumsel khususnya Kota Palembang itu terjadi karena adanya toleransi antar umat beragama

Oleh sebab itu, beliau meminta agar kebersamaan antar umat beragama tersebut terus dijaga dengan baik. “Semua umat beragama terus bersama sama meningkatkan kebersamaan sehingga ini bisa kondusif dan ini sangat luar biasa. Toleransi masyarakat Sumsel ini begitu tinggi dan semuanya berbagi kebahagiaan, kebersamaan ini harus dijaga, ” ucapnya

Kendati misa malam Natal 2021 ini masih harus dilakukan di tengah pandemi covid – 19,namun menurut Herman Deru hal itu tetap tidak mengurangi nilai ibadahnya, “Kami (Pemerintah) tidak menghalangi Natal ataupun kegiatan keagamaan lainnya , tapi harus tetap disiplin Prokes Natal dan tahun baru merupakan ujian ketangguhan untuk bertahan dan menjamin tidak ada klaster baru penyebaran covid – 19,” bebernya, (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.