Kapal Berpenumpang 86 Orang Terbakar di Perairan Sungsang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Saat tengah berlayar Kapal Gunsa 8 terbakar saat berada di ambang luar Sungsang Kabupaten Banyuasin II Provinsi Sumatera Selatan, Senin (12/7) pukul 16.26 Wib.

Kepala Basarnas Palembang Hery Marantika, S.H., M.Si membenarkan jika kebakaran Kapal Gusan 8 milik Guncline, di terima pihak Basarnas Palembang dari Basarnas Commmand Center dan dari Basarnas Pangkal Pinang. “Pada hari ini Kantor SAR Palembang menerima informasi mengatakan bahwa ada satu Kapal Roro KMP Gunsa 8 yang membawa penumpang berjumlah 86 orang penumpang dan kru mengalami kebakaran di seputar sungai Banyuasin artinya sudah dekat ambang luar,” ungkap Hery.

Dijelaskan Hery,¬† setelah mendapat informasi Kantor Basarnas Palembang menurunkan tim rescue “Pukul 16.48 wib, tim kita gerakan ke Tanjung Api Api dan kita sudah bekerjasama dengan kantor Basarnas Pangkal Pinang, serta unsur terkait TNI Polri maupun Kapal ASDP yang berada di seputaran perairan dekat dengan kapan yang terbakar,” ujarnya.

Kapal jenis Roro Passange berlayar dengan membawa penumpang sebanyak 86 orang berhasil selamat dan sudah dievaluasi oleh kapal Muktis ke Tanjung Kaliam, dan untuk memadamkan api menurunkan dua kapal pemadam kebakaran dari Kapal Legunis dan Kapal Nusa Harapan. “Alhamdulilah kami informasinya di sini bahwa semua penumpang dalam posisi selamat dan sudah dievakuasi ke kapal KMP Muktis yang berada di seputaran kapal. Kantor Basarnas Palembang selain menurunkan personel, juga mengerakan satu KMP Legunis untuk melakukan pemadaman, saat ini api yang membakar kapal Gusan lagi dalam upaya pemadaman,” terangnya.

Kantor Basarnas Palembang dalam penanganan Kapal Gusan 8 yang terbakar ini menurunkan dua tim, dengan¬† bergabung di Posko SAR di Pelabuhan Tanggung Api Api. “Kita membentuk dua tim, salah satunya kita berangkatkan dari jalur darat bergabung di Tanjung Api Api, penumpang selamat dan dibawa kembali oleh Kapal Muktis yang mengevakuasi korban itu kembali ke Tanjung Kalian Bangka Belitung,”jelasnya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *