HeadlineOgan Komering Ulu

Kades Tubohan Vaksin 500 Warganya dalam Sehari

BATURAJA, MEDIASRIWIJAYA  – Upaya perangkat Desa Tubohan  Kecamatan Semidang Aji dalam upaya menyukseskan vaksin covid-19 patut diacungi jempol. Pasalnya dalam sehari Kepala Desa bersama perangkatnya mampu mengajak 500 orang warganya untuk mengikuti vaksin covid-19. Vaksin yang bekerja sama dengan dinas kesehatan Kabupaten OKU dan Rumah Sakit TNI Dr Noesmir Baturaja ini digelar di kantor Desa Tubohan, Selasa (29/6) pagi. Dan diikuti hampir 600 warga mulai dari usia 18 tahun hingga lansia.

Jimmy Karsa Kepala Desa Tubohan Kecamatan Semidang Aji mengungkapkan, pihaknya melakukan vaksin massal tersebut karena banyaknya permintaan dari warganya. Setelah sebelumnya sekitar 200 orang mengikuti vaksin yang digelar oleh TNI Polri pada Sabtu Minggu lalu. “Awalnya 200 orang warga kita di luar ASN, Nakes dan pelayan publik yang lebih dulu di vaksin menjalani vaksin di puskesmas pada kegiatan serbuan vaksin oleh polisi dan TNI. Dari situ warga kita meminta yang lain juga untuk divaksin oleh karena itu kita upayakan  dan kita data hampir 600 orang yang ingin vaksin,” ujar Jimmy.

Dari jumlah yang didata, lebih dari 500 orang warga desa Tubohan berhasil divaksin covid-19. Sementara sisanya gagal screening awal sehingga di tunda pemberian vaksin. ” Yang berhasil cukup banyak, lebih 500 orang, karena sisanya gagal screening dan ditunda,” ujar Jimmy.

Menurut Jimmy, vaksin tersebut dilakukan dalam rangka membentuk imun tubuh warganya di tengah derasnya laju warga yang terpapar covid-19. Dengan vaksin tersebut pihaknya berharap dapat membantu pemerintah dalam menyukseskan vaksin covid-19.”Kita berterima kasih dengan dinas kesehatan dan Rumah Sakit TNI Dr Noesmir Baturaja yang bersedia memvaksin warga kami,” kata Jimmy.

Andi Prapto SKM, Kabid P2P Dinas Kesehatan OKU mengungkapkan saat ini Desa Tubohan mencatatkan paling banyak warga yang divaksin di luar kota Baturaja. Sebelumnya juga dilakukan disejumlah desa lain namun jumlahnya masih di bawah 200 orang.  “Kita berterima kasih juga dengan pihak desa yang sudah berperan aktif dalam menyukseskan vaksin covid-19. Untuk saat ini desa Tubohan pertama kali yang melakukan vaksin massal dan terbanyak, karena sebelum ini sudah ada 200 warga yang vaksin di puskesmas terdekat,” kata Andi.

Andi juga mengingatkan meskipun sudah divaksin, warga tetap diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19 dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. “Protokol kesehatan covid-19 tetap dijalankan, masyarakat tidak boleh mengabaikan imbauan pemerintah. Untuk masyarakat lain yang ingin vaksin juga bisa mendatangi puskesmas terdekat,” pungkas Andi.(rws)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *