HeadlinePalembangPendidikan

Jadilah Sang Pemenang “ CHAMPION” Wisuda XIII UKMC

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Sabtu (6/11/2021) Universitas Katolik Musi Charitas melaksanakan wisuda yang ke – 13 secara offline dan online disiarkan secara live via youtube UKMC TV channel. Wisuda kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya, biasanya ditemani oleh kedua orang tua atau wali, untuk kali ini mereka datang sendirian tanpa ditemani oleh orang tua atau wali. Tentu saja semua prosedur dan rangkaian acara widuda tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ketat dan diawasi langsung oleh Satgas Covid-19.
Acara Wisuda dilaksanakan di gedung Xaverius Centrum Studioroom Jalan Bangau Palembang, dihadiri Uskup Agung Palembang Uskup Emeritus Mgr Aloysius Sudarso SCJ, Pengurus Yayasan Musi Charitas, Ketua L2DIKTI Sumsel Prof Yuliansyah,SE,MSA.PhD,Akt,CA. Dekan, Ketua prodi para dosen dan segenap unsur undangan. Pada kesempatan ini jumlah wisudawan adalah 333 orang yang berasal dari ke empat Fakultas, yaitu Fakultas Bisnis dan Akuntansi berjumlah 162 lulusan, Fakultas Sains dan Teknologi berjumlah 28 lulusan, Fakultas Ilmu Kesehatan berjumlah 117 lulusan dan Fakultas Humaniora dan Ilmu Kependidikan berjumlah 26 lulusan. Wisudawan dengan lulusan predikat cumlaude berjumlah 111 orang, Lulusan terbaik pada wisuda kali ini diraih oleh sdri Melphi Fedrra Junita Gultom, S.Pd ( NIM 1741001 ) dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 4,00.
RP FX Budi Haryono,SCJ, S.Th, Bac.,Pdg selaku Ketua Yayasan Musi Charitas dalam sambutannya mengungkapkan di mana saat ini banyak masyarakat yang kehilangan hidup dan harapan, tinggal dalam kecemasan dan kebingungan karena bencana alam, terlebih badai virus corona covid-19 yang seakan tak berujung. Saat ini para wisudawan menjadi saksi hidup atas lahirnya sarjana baru generasi CHAMPON dengan telah memenangkan pergulatan di tengah arena pembelajaran dan pendidikan. “Kita sadari mulai saat ini Anda wisudawan harus melangkah ke medan juang kehidupan nyata yang tak pernah puas dan tuntas dijawab dengan teori-teori semata, “ kata Budi.
Lebih lanjut Romo Budi mengatakan para lulusan dipanggil untuk menjadi pelaku perubahan di tengah peradaban yang terus berubah bahkan bergolak. Maka diharapkan mampu membantu orang lain dan dunia di luar diri sendiri untuk berubah dan berbuah. Juga jangan pernah berhenti untuk belajar dan terus membuka diri untuk diubah hidupnya. Menjadi seorang Sarjana atau menjadi seorang Ahli Madya akan memiliki tanggung jawab baru dan besar. Harus mampu mengemban tanggung jawab sebagai Sarjana atau Ahli Madya yang cakap, kompeten, dan terampil sesuai dengan disiplin ilmu yang telah pelajari selama studi di kampus tercinta Universitas Katolik Musi Charitas. “Kita semua menyadari bahwa selama pandemi Covid-19, di mana sebagian dari proses studi harus banyak dilakukan secara daring, telah memberikan dampak pada efektivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Namun demikian, dengan kedewasaan, dan komitmen belajar tetap menjaga dan mewujudkan kualiatas belajar yang baik sehingga memang layak untuk diwisuda pada prosesi Wisuda Ke-13 ini,” ungkap Dr.Antonius Singgih Setiawan, SE.M.Si Rektor Universitas Katolik Musi Charitas. Selain kecakapan, kompetensi dan keterampilan secara akademik dan teknis, menjadi seorang sarjana dan ahli madya juga harus memiliki integritas dan tanggung jawab yang didasari oleh nilai – nilai karakter yang unggul. Wisudawan / wisudawati Universitas Katolik Musi Charitas untuk selalu membawa dan menanamkan nilai – nilai CHAMPION dalam setiap tindakan dan pikiran di mana pun berada nanti, apakah di lingkungan pekerjaan, di lingkungan bisnis, dan bahkan di lingkungan masyarakat umumnya. Jadikan karakter CHAMPION sebagai ciri khas seorang alumni Universitas Katolik Musi Charitas. Namun demikian, saat ini, kecakapan dan kompetensi akademik, serta kualitas karakter individu belum cukup untuk membangun masa depan. Harus mau dan mampu membangun semangat kolaborasi dengan berbagai pihak.
Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah II Prof Yuliansyah, SE,MSA.PhD,Akt,CA dalam sambutannya berharap agar para dosen aware dengan profesi mereka dengan mempercepat pengurusan jenjang akademik studi lanjut, percepatan professorship, serta pendampingan akreditasi prodi dan institusi. Dan berharap kepada para alumni UKMC menjadi sarjana yang terdepan dalam berbagai bidang dalam kehidupan di masyarakat. (daris)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *