Hima PBI Unika Musi Charitas Gelar Webinar bagi Para Calon Tenaga Kerja

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Pada era globalisasi saat ini, penggunaan bahasa Inggris sangat berperan penting dalam dunia kerja.Zaman semakin berkembang dan perusahaan asing semakin banyak beroperasi di Indonesia. Menguasai dan mampu menggunakan Bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang harus dimiliki orang-orang yang akan terjun ke pasar kerja.

Terkait dengan hal ini, organisasi mahasiswa MCEESA (Musi Charitas English Education Student Association)dari Univeristas Katolik Musi Charitas Palembang mengadakan Webinar. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu,(17/7/2021) yang di adakan secara daring ini mengangkat tema“Embracing “English” in Professional Environment dan dihadiri oleh 165 peserta dari beberapa wilayah di dalam dan luar Sumatera Selatan.

Ada dua pembicara yang dihadirkan dalam Webinar kali ini, yakni Dosen Bahasa Inggris STIKS Tarakanita Tangerang,Gabriella Novianty Soedjarwo, S.Pd., M.Hum, dan HR Training & OD Sect. Head Manager PT. Infokom Elektrindo (MNC Group), Ibu Nur Welly Indomarti, S.Psi, MCH. Kedua pembicara tersebut sama-sama menekankan bahwa lulusan yang berasal dari program studi Bahasa Inggris maupun memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, memiliki peluang yang besar di dunia kerja. Beliau berdua juga menambahkan bahwa seorang calon tenaga kerja perlu mengetahui dan mengoptimalkan potensi di dalam dirinya, serta mengikuti hal yang menjadi passion-nya.

Dalam sesi pertama, Ibu Gabriella melalui presentasinya yang berjudul “Why English” mengajak peserta untuk menyadari alasan mengapa Bahasa Inggris mempunyai peran yang penting di lingkungan kerja, khususnya di era globalisasi ini. Beliau juga menekankan bahwa Bahasa Inggris tidak cukup hanya dikuasai, namun juga harus dipakai karena Bahasa Inggris banyak digunakan di perusahaan-perusahaan dan bisa menambah nilai jual seorang pencari kerja dan lulusan. Kemudian, dalam sesi tanya jawab, beliau berbagi tips& trick untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Kemudian, dalam sesi kedua, Ibu Welly berbagi banyak hal mengenai apa saja yang seorang pelamar kerja perlu persiapkan ketika melamar kerja. Beliau menekankan bahwa di zaman ini seorang lulusan universitas harus bisa menjadi fresh graduate yang menguasai bidangnya dan tidak biasa, yaitu dengan memiliki soft skills dan hard skills. Sebagai seorang yang cukup berpengalaman di departemen Human Resource, kemampuan berbahasa Inggris yang seorang pelamar lebih dipertimbangkan untuk diterima di perusahaan. Dalam sesi tanya jawab, Ibu Welly berbagi mengenai tips& trick untuk mempersiapkan dan menghadapi wawancara kerja, juga bagaimana mempersiapkan CV yang baik dan berkualitas.

Dengan adanya webinar ini diharapkan calon tenaga kerja, calon lulusan, dan para mahasiswatingkat akhir dapat mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja dan menjadi lebih menyadari pentingnya menguasai dan mampu menggunakan Bahasa Inggris di era globalisasi ini. (rilis: Tasya Hasan & Yohanes Maria Restu D.R)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *