HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Hari Pertama PKKMB Universitas Bina Darma Berlangsung Sukses dan Meriah

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan tahapan dalam menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, merupakan proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru untuk memberikan bekal bagi keberhasilan menempuh pendidikan di perguruan Tinggi.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bina Darma berlangsung sukses dan meriah selama 4 hari, yakni 4-5 September 2023 diselenggarakan di Jasdam II Sriwijaya. Lalu acara dilanjutkan 6-7 September 2023 untuk PKKMB tingkat Fakultas yang dilaksanakan di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc Kampus Bochari Rachman 1 Universitas Bina Darma. Khusus tingkat Fakultas dibagi menjadi dua sesi, yakni 6/9/23 Fakultas Sains Teknologi (FST), lalu tanggal 7/9/23 Fakultas Sosial Humaniora dan Fakultas Vokasi.

Total sebanyak 735 mahasiswa baru terdiri dari mahasiswa D3, D4, S1 dan S2 mengambil tema PKKMB UBD tahun 2023 yakni “Golden Generation with Character in the Industrial Era 5.0” berupa pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru. Dalam kesempatan itu, Ketua pelaksana Dr. Muslimin, M. Pd. mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Universitas Bina Darma kepada semua mahasiswa baru, serta terima kasih atas kerjasama seluruh panitia sehingga kegiatan PKKMB UBD 2023 ini sukses digelar.

Sementara Kepala LLDikti II Wilayah II Palembang (Prof. Ishaq Iskandar, M.Sc.) yang diwakili oleh Marce Lay, M.A. menjelaskan, Analis Mutu Akademik dalam Pemerintah melaksanakan sistem MBKM.

Ditempat sama, Rektor Universitas Bina Darma Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. menjelaskan, Universitas Bina Darma mempunyai visi ”Menjadi Universitas yang Berstandar Internasional dan berbasis Teknologi Informasi” dengan misinya menghasilkan sarjana yang cerdas, profesional dan berkarakter. Oleh karena itu hadapilah perkuliahan secara cerdas dengan menjaga standar akademis yang tinggi.

Universitas Bina Darma sangat mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang mana sudah di launching Kampus Merdeka Indonesia Jaya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2020. Tidak kalah pentingnya untuk menunjukkan karakter yang baik, yaitu jujur, disiplin, dan peduli kepada sesama utamanya bermanfaat untuk masyarakat disekitar kita dan menumbuhkan jiwa bela negara dalam tatanan akademisi, sesuai dengan Budaya Mutu Universitas Bina Darma: PRIDE: Persistence/Gigih/Tangguh, Resonsive/Responsif, Innovative/Inovatif, Dicipline/Disiplin dan Efficient&Effective/Efektif dan Efisein, dimana juga sesuai dengan tema kita hari ini “ Golden Generation with Character in the Society Era 5.0”.

Bersamaan itu, hadir Gubernur Sumsel diwakili oleh Asisten III bidang Administrasi dan Umum Kurniawan AP, M.Si, Koordinator Acara PKKMB UBD 2023 Rahmat Novrianda D , S.T., M.Kom. menyatakan sangat senang melihat antusias mahasiswa baru dalam kegiatan PKKMB UBD 2023 ini, mulai dari mahasiswa baru yang kompak mengupload twibbon, mengikuti rangkaian acara hingga nanti mereka akan menceritakan pengalaman mereka selama PKKMB di blog WordPress mereka masing-masing. Twibbon PKKMB UBD itu diupload di media sosial dengan mencantumkan dan menandai akun Instagram @ubd_palembang, @pmb_univ.binadarma dan @pkkmb.ubd.

Sementara hadir dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Bina Darma Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M, M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D. Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Ria Andryani, M.M, M.Kom. Juga hadir Wakil Rektor Bidang SDM, Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. Wakil Rektor Bidang Riset, Teknologi dan Inovasi, Ade Kemala Jaya, S.E., M.Acc., Ak., CA. Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum serta seluruh Kaprodi dan pimpinan Universitas Bina Darma. Ada juga tamu kehormatan yakni Marce Lay, M.A. Analis Mutu Akademik LLDikti II Wilayah II Palembang, Asisten III bidang Administrasi dan Umum Kurniawan AP, M.Si.

Hadir juga Mayjen TNI YANUAR ADIL serta mewakili Pangdam II Sriwijaya, diwakili Pamen Ahli Bidang Sosial dan Budaya Kolonel Inf. Usik Samwa Parana, menyampaikan materiSiapkah Kamu jadi Generasi Emas 2045, beliau membahas tentang Konsep & pengertian tentang Negara dan Bangsa, serta memberi himbauan tentang jauhi narkoba, tauran, serta jiwa nasionalisme untuk memfilter budaya asing. Selain itu mahasiswa baru diberikan wawasan kebangsaan. Sedangkan Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. Wakil Rektor Bidang Riset, Teknologi dan Inovasi memberikan pemaparan tentang Strategi SUKSES & STUDI Tepat Waktu di Perguruan Tinggi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *