Harapan Sukijan Pemilik Pohon Siwalan Desa Tamansari Jaken

Pati – Harapan Sukijan (53) dikatakan saat Satgas TMMD Regular Kodim Pati berkunjung ke kebun siwalan miliknya. Dengan serius Serda Subakir mendengarkan cerita dan harapannya kepada Pemerintah Daerah terkait kondisi petani siwalan di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati saat ini, Sabtu (12/6/2021).

Menurut Sukijan warga RT.01/02 ini, kondisi tanaman siwalan di wilayah Desa Tamansari saat ini mengalami penurunan karena banyak yang ditebang untuk pemukiman warga.

“Dulu pada tahun sembilan puluhan lebih banyak, sekarang ini tinggal sekitar 25 persen tersisa”, ujar Sukijan.

Hal ini rupanya belum menjadi perhatian Pemerintah Daerah. Padahal menurut beberapa catatan hasil olahan tanaman siwalan ini memiliki banyak khasiat. Kandungan air nira siwalan dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal dan dapat digunakan sebagai isotonik memulihkan cairan tubuh. Bagian buah siwalan yang sudah tua bisa digunakan sebagai obat kulit atau dermatitis.

Menurutnya, sejauh ini belum ada fasilitas yang dapat membantu aktivitas petani siwalan. Atau upaya untuk memberikan bantuan berupa alat-alat yang dapat menunjang kegiatan panen, atau membuat gula dari air legen. (0718)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *