HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Hadiri Agenda AIUA-AIQA di Thailand, UIN Raden Fatah Berkomitmen Unggul di Asia

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Rektor Universitas Islam (UIN) Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si, hadiri kegiatan workshop and international conference bertema “Rethinking The Economic Social And Cultural Integration Of Islamic World In The Contemporary Era”, yang diadakan oleh Asian Islamic Universities Association (AIUA) – Asian Islamic Quality Assurance (AIQA. )
AIUA merupakan asosiasi yang mewadahi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dalam melakukan koloborasi dan kerjasama antar universitas seluruh negara di Asia. Agenda rutin AIUA kali ini berlangsung di Krirk University, Bangkok, Thailand dan berlangsung dari tanggal 12-14 September 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Rektor UIN Raden Fatah turut melakukan penandatangan nota kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Krirk University. “Kerjasama internasional merupakan bagian dari mewujudkan universitas yang unggul di Asia, dan upaya memenuhi kriteria pencapaian unggul terus ditingkatan lewat kolaborasi tridharma perguruan tinggi internasional,” ungkap Dr. Nyayu Khodijah.

Sementara itu, Presiden Krirk University, Prof. Dr. Krasae Chanawongse mengatakan dengan perjanjian kerjasama ini akan memperluas kolaborasi antar kedua universitas dan memajukan pendidikan, serta penelitian di bidang yang relevan. “Kami merasa bangga menjalin kemitraan dengan UIN Raden Fatah melalui AIUA, semoga kerjasama ini akan menghasilkan kolaborasi yang berkelanjutan,” ungkap Prof. Dr. Krasae. Berkaitan dengan kerjasama tersebut, Prof. Dr. Jaran Maluleem Dekan International Islamic Collage Bangkok (IICB)- Krirk University menjelaskan sejarah berdirinya IICB pada tahun 2022 sebagai satu-satunya Fakultas yang membuka Program Studi Manajemen Haji dan Umroh serta Bisnis Islam di Thailand. Selain itu, IICB menawarkan program kerjasama yaitu The International College Exchange Students program for Bachelor and Master’s degree program, yang akan dibuka hingga 30 September 2023 dan mulai pembelajaran pada Oktober 2023. Mahasiswa akan menempuh studi di universitas selama 9 sampai 13 minggu. Biaya perkuliahan akan ditanggung oleh IICB. Namun, mahasiswa harus menanggung biaya tiket pesawat, akomodasi, dan biaya hidup.

Acara pembukaan AIUA- AIQA juga dihadiri oleh Achmad Wicaksono selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Thailand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *