Gunakan Alat Tradisonal, Masyarakat Kampung Okor Cari Ikan di Sungai

MERAUKE – Mencari ikan di sungai dan rawa-rawa, merupakan salah satu kegiatan masyarakat Kampung Okor Distrik Haju Kabupaten Mappi untuk mencukupi kebutuhan hidup dalam kesehariannya bersama keluarga.

Hal tersebut, dikatakan Komandan Kompi Satgas TMMD ke-112 Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Herman Purba, Senin (11/10/2021).

Kapten Inf Herman Purba menuturkan, dengan bermodalkan alat tradisional yang ada dan perahu ketinting, mereka menangkap ikan dengan menyusuri sungai serta rawa-rawa yang ada di wilayah Kampung Okor.

“Hasil ikan yang ditangkap nantinya akan disantap bersama keluarga mereka dan sebagian, ikan tersebut akan dijual kepada masyarakat Kampung Okor lainnya,” ujarnya.

Lanjut Kapten Inf Herman Purba, selain menangkap ikan, sebagian masyarakat Kampung Okor juga menebang pohon sagu, kemudian dipangkur untuk diambil sari patinya dan dijadikan sebagai salah satu makanan pokok mereka sehari-hari.

“Dari pohon sagu tersebut, daunnya digunakan masyarakat Kampung Okor sebagai atap rumah dengan cara dianyam dan dipasang secara berlapis,” pungkas Kapten Inf Herman Purba.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *