HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

Dukung Pembangunan Budaya Literasi di Palembang : Tim PkM Prodi PBI UKMC Memberikan Pembinaan Literasi kepada Siswa SMP St. Louis

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Tim PkM) yang terdiri dari 2 Dosen ( Ibu Anastasia Ronauli Hasibuan, MP.d. dan Ibu Ira Irzawati, M.Pd.) serta 1 Mahasiswa ( Siti Rahma Ayu ) dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) memberikan pembinaan literasi kepada Siswa / i SMP St. Louis sebagai upaya untuk mendukung pembangunan budaya literasi khususnya di kota Palembang. Kegiatan yang berjudul “Pembinaan Literasi sebagai Upaya Membangun Motivasi dan Kebiasaaan Membaca Siswa SMP St. Louis Palembang” ini diikuti oleh Siswa SMP St. Louis yang tergabung dalam Student English Club.

Anastasia Ronauli Hasibuan, M.Pd. ketua tim pengabdian pada sambutannya, menekankan pentingnya membangun budaya literasi khususnya bagi generasi muda Indonesia. Berikutnya, dalam sesi penyampaian materi, Anastasia turut memotivasi dan mendorong para siswa untuk membangun budaya gemar membaca. Pada sesi tersebut, para siswa diajak untuk berdiskusi mengenai pentingnya kemampuan membaca yang baik dan cara menumbuhkan serta mengembangkan kebiasaan membaca. Selain itu, para peserta diberikan beberapa teks bacaan dan diminta untuk menjawab pertanyaan terkait guna mengidentifikasi level keterampilan membaca mereka.


Pada penyampaian materi kedua ,Ira Irzawati, M.Pd. berkesempatan menyampaika nmateri terkait aplikasi penyedia bahan bacaan gratis yang bisa diakses oleh para sisw amelalui telpon selular seperti Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas). Pada sesi tersebut para siswa diarahkan untuk menggunakan aplikasi perpusnas dan menjelajah berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. Berikutnya, para peserta juga diperkenalkan kepada komunitas membaca global seperti Good reads yang dapat dijadikan wadah untuk berkorespondensi, membangun relasi, dan berdiskusi mengenai berbagai buku yang menarik. Kedua kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menum buhkan minat dan antusiasme dalam membangun budaya gemar membaca. Mereka jadi lebih termotivasi untuk banyak membaca karena hal tersebut sangat bermafaat bagi mereka. (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *