BPN Palembang Imbau Masyarakat Update Sertifikat Tanah ke Sistem Digital

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – BPN Kota Palembang mengimbau masyarakat agar mengikuti program digitalisasi surat tanah. Karena dengan mengikuti program ini maka tidak ada lagi sertifikat ganda. Hal tersebut diungkapkan Koordiantor Subtansi Pengukuran dan Pemetaan Tematik BPN Palembang Aji saat diwawancarai, Kamis (17/3).

Aji menuturkan, dasar pembuatan sertifikat adalah alas hak dan mendaftarkan ke BPN. “Kami imbau ke masyarakat, sertikat yang lama agar dilaporkan ke sini agar kita tahu. Tujuannya untuk memasukannya ke program digital. Karena selama ini sertifikat yang lama itu banyak tersimpan di lemari. Kita imbau jika belum ada NIB dibawa ke BPN. Karena kita ada program memvalidasi sertifikat. Sehingga data manual kita masukan ke digital, ” tambah Aji.

Lebih lanjut dia menuturkan, ada loket khusus untuk memvalidasi sertifikat lama ke digitalisasi. “Kalau data di BPN mencukupi, maka tidak perlu lagi turun ke lapangan. Untuk mengubah data dari manual ke digital itu tidak ada biaya. Dengan adanya digitalisasi sertifikat, itu bertujuan untuk mencegah tumpang tindah sertifikat. Sebenarnya di BPN tidak ada sertifikat ganda, hanya saja data dari manual belum didigitalisasi sehingga belum terpetakan di era digital, jika saat dicek valid, tidak akan ada sertifikat ganda. Semua data yang sudah masuk ke sistem digital kita, tidak akan terjadi data ganda, “pungkasnya (Ocha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.