Bayi Dibuang Itu Diberi Nama Arka yang Dititipkan di RS Bhayangkara Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Kasus penemuan bayi laki laki tanpa identitas, di kursi teras kediaman Syamsiah (45) warga Lorong Kenanga 1 Jalan Setunggal Kelurahan 8 Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) 2 Palembang. Selasa (24/5) dini hari dalam perawatan pihak Rumah Sakit (RS) Bhayangkara M Hasan Palembang.

Bayi laki laki saat ini menjalani perawatan di Ruang Perawatan Anak RS Bhayangkara, dalam kondisi baik dan normal. Oleh pihak RS Bhayangkara bayi mungil ini diberi nama Muhammad Arkanza dipanggil ‘Arka’ yang artinya ‘Harta Mulia Yang Tersembunyi’. “Bayinya kita kasih nama Muhammad Arkanza pangilannya Arka, kondisi fisiknya baik, tidak ada kelainan sudah kita cek ke Lab juga semuanya negatif, saat ini masih dalam perawatan di RS Bhayangkara,” ungkap Ipda dr Irma Yenni, Dokter Spesialis Anak didampingi dr Hj Yunita L, MARS, Kasubbid Yanmeddokpol.

Hasil pemeriksaan diketahui jika bayi laki laki tersebut normal dengan berat tubuh 3.200 gram dan panjang tubuh 50 cm, di duga bayi berusia dua hari. “Usia bayi jika kita lihat dari tali pusarnya itu baru dua hari atau lebih itu bisa jadi, karena tali pusarnya masih segar, beratnya 3.200 gram dan panjang 50 cm,” jelasnya.

Kasus penemuan bayi yang sempat menghebohkan warga setunggal ini, saat ini ditangani pihak kepolisian Polsek IT 2 Palembang, dari laporan warga tersebut petugas masih melakukan pendalaman motif penelantaran anak tersebut. “Kita dapat informasi tadi malam dari warga ada orang membuang anaknya, yang Alhamdulilah dalam kondisi sehat, bayi laki laki ditemukan di teras rumah pak Rumanto,” ujar Kapolsek IT2 Palembang, Kompol Fadila.

Masih dikatakan Kapolsek IT2 Palembang, pihaknya masih melakukan penyelidikan secara mendalam. “Langkah selanjutnya kami melakukan penyelidikan mencari siapa pelaku yang membuang atau menelantarkan anak tersebut, bayinya sekarang kita titip dulu di RS Bhayangkara untuk di rawat,” jelasnya.

Sementara itu. Awal penemuan bayi laki laki ditemukan pertama kali oleh Rusmanto, warga Rt 14 Lorong Kenanga 1 Jalan Setunghal Kelurahan 8 Ilir Kecamatan IT 2 Palembang, selasa (24/5) pukul 00.15 Wib terbangun lantaran mendengar suara tangisan bayi di teras rumahnya. “Bapak yang dengar ada suara bayi, bapak buka gordeng jendela dilihat eee ada bayi di situ, posisi diatas kursi, bangui ibu langsung buka pintu, kami tolongi kami gendong diem,”ungkap Syamsiah (45).

Lanjut, masih dikatakan beliau, jika kondisi bayi saat ditemukan bersih dan terawat. “Waktu itu kondisinya rapi diselimuti di popoki sudah, bahkan ada susu formula, ada tas bahkan di bedak baby terdapat uang juga, tapi kita tidak tahu jumlahnya.” jelasnya.

Atas temuan tersebut, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan pemilik rumah melaporkan temuan tersebut ke pihak RT dan Kepolisian. “Kami lapor ke RT dan Pak RW, Pak RW langsung melapor ke kepolisian, malam itu juga orang polisi langsung datang ke sini, dibawa polisi ke Rumah Sakit,” ungkapnya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.