Bantu Warga, Babinsa Kodim 1201/Mempawah Turun ke Sawah Tanam Padi

Landak – Bala Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Air Besar, Kodim 1201/Mempawah, Koptu Sigit membantu petani mencabut dan menanam padi di lahan sawah milik salah seorang petani Desa Nyanyum, Kecamatan Kuala Behe, Kabupaten Landak, Sabtu (29/5/2021).

Danramil 12/Air Besar, Lontas Bangun, mengatakan, tugas Babinsa di desa binaan tidak hanya melaksanakan pemantauan wilayah. Selain melaksanakan pemantauan wilayah, seorang Babinsa juga melaksanakan pendampingan tentang ketahanan pangan yang meliputi padi, jagung dan kedelai.

“Babinsa merupakan ujung tombak dan garda terdepan satuan teritorial. Harus mampu dan bisa menguasai desa binaan yang meliputi geografi, demografi dan kondisi sosial warga binaan, dalam rangka mendukung tugas pokok satuan,” ucap Danramil.

Koptu Sigit saat mendampingi petani mengungkapkan pihaknya akan terus membantu petani di desa binaan. Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata TNI dalam mewujudkan swasembada pangan.

“Seperti saat ini, kami ikut terjun ke sawah membantu para petani untuk mengumpulkan bibit padi yang siap untuk di tanam di lahan milik salah satu warga binaan,” ujar Koptu sigit.

Ia menambahkan, untuk menambah produktivitas panen padi kali ini, pihaknya telah menghimbau kepada para petani agar mengupayakan percepatan masa persiapan tanam sehingga target produksi padi mampu dicapai

Koptu Sigit menjelaskan selain melaksanakan pendampingan kepada petani, ia juga melaksanakan sosialisasi tentang protokol kesehatan dengan menerapkan kebiasan 5M.

Sementara itu, salah seorang pemilik lahan di Desa Kuala Behe, Maria (45) mengatakan, keberadaan Babinsa di wilayah mereka sudah cukup lama. Tak jarang, mereka rela turun membantu warga secara langsung dalam berbagai kegiatan.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, semoga para petani semakin meningkat produksi padinya sehingga perekonomian juga ikut meningkat,” ungkap Maria. (Mph1201)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *