Babinsa Koramil Sengah Temila Asah Kemampuan Teritorial

Landak – Untuk mengasah kemampuan teritorial dan lebih memahami tugas pokok Babinsa, anggota Koramil 1201-09/Sengah Temila senantiasa belajar bersama membaca buku-buku pengetahuan teritorial yang diterbitkan oleh Puster Angkatan Darat.

“Personil Koramil Sengah Temila selalu menyempatkan diri untuk belajar ilmu teritorial disela-sela kesibukannya turun ke desa, membina dan memonitor desa binaan mereka masing-masing. Tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa tidak ringan, semakin ke depan semakin kompleks karena dihadapkan dengan dinamika masyarakat yang semakin berkembang di era digital sekarang ini. Untuk itu seorang Babinsa harus mempunyai bekal untuk berhadapan dengan masyarakat yang memiliki latar belakang agama, suku, pendidikan dan pekerjaan yang berbeda-beda,” ucap Danramil Sengah Temila Letda Arm Suwandi, Rabu (26/05/2021).

Selain tugas pokok, lanjutnya, Babinsa juga dalam menjalankan tugasnya di desa harus berpedoman pada Santiaji, lima kemampuan teritorial dan sikap teritorial agar tugas pokok tercapai dan pengumpulan data teritorial terpenuhi secara maksimal.

Dikatakan Babinsa Serda Andriyas, dengan banyak membaca buku tuntutan tugas Babinsa terbitan staf umum Teritorial Angkatan Darat tahun 2013 maka jelas disitu diuraikan secara rinci tugas-tugas Babinsa, termasuk kemampuan pembentukan dan pembinaan peta jarak jaring teritorial yang harus dimiliki oleh masing-masing Babinsa.

“Komunikasi sosial (komsos) setiap hari harus dilakukan Babinsa baik komsos sesama TNI, Polri, para tokoh-tokoh agama, pemuda, adat dan juga masyarakat setempat untuk menciptakan situasi dan kondisi aman dan nyaman serta silahturahmi yang erat dan bersinergi dalam menjalankan tugas kewilayahan antar lintas sektoral,” pungkas Danramil. (mph1201)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *