HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangPendidikanSUMSEL

Antonius Singgih: Tetaplah Menjadi Alumni UKMC Yang Unggul, Bermartabat dan ber-Cinta Kasih

Harapan Rektor UKMC  pada 242 WisudawanXVI UKMC

PALEMBANG MEDIASRIWIJAYA – Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) yang berlokasi di Jalan Bangau Palembang telah menapaki usianya yang ke delapan. Usia yang masih sangat muda. Namun dalam kemudaannya, UKMC bertekad kuat untuk terus bertumbuh, melangkah maju mewujudkan cita-cita luhur untuk mendampingi dan mendidik generasi muda berkembang menjadi pribadi yang unggul dan terampil sesuai dengan kompetensi bidang ilmunya yang dilandasi oleh nilai-nilai moral yang baik. UKMC mempunyai mimpi untuk mewujudkan diri menjadi perguruan tinggi yang unggul di Sumatera Selatan. Tentu mimpi itu membutuhkan kerja keras, ketekunan,komitmen, keterlibatan dan juga kolaborasi dengan banyak pihak yang punya perhatian untuk membangun manusia, masyarakat, bangsa dan Negara melalui pendidikan bagi generasi muda penerus bangsa. Universitas Katolik Musi Charitas ( UKMC) yang memiliki Visi Membangun reputasi Universitas Katolik Musi Charitas menuju perguruan tinggi swasta unggul 2045. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul berdasarkan nilai-nilai spiritualitas Veritas et Scientia Nobis Lumen yang tertuang dalam slogan Bermartabat, Unggul, Cinta Kasih, Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul berorientasi pada kearifan lokal serta kondisi kini yang mendukung keunggulan, pemeringkatan dan reputasi, serta berdampak pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan potensi daerah. Pendidikan Universitas Katolik Musi Charitas. menciptakan semangat kolaborasi dalam pentahelix: perguruan tinggi, dunia industri, pemerintah, media massa, dan masyarakat dalam rangka implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

UKMC yang pada awalnya memiliki tiga fakultas dengan tiga belas program studi dan pada tahun 2017 bertambah satu program studi baru yaitu Psikologi. Dengan bertambahnya program studi psikologi total program studi di UKMC bertambah menjadi empat belas . Pada tahun 2019 UKMC menambah satu fakultas baru yaitu Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan. Fakultas ini merupakan pengembangan untuk menampung prodi yang selama ini berada di Fakultas Sains dan Teknologi (prodi Psikologi) dan Fakultas Bisnis dan Akuntansi (prodi PBI dan PGSD).
Romo Donatus berharap kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan satu tahap pendidikan tinggi pasti merasa bahagia dan bangga, ada senyum mengiringinya. Senyum kebahagiaan adalah juga menjadi kebahagiaan banyak orang.

DR Antonius Singgih Setiawan SE, M.Si Rektor UKMC kepada awak Media Sriwijaya menjelaskan bahwa wisuda ke – 16 tahun ini berasal dari Prodi Akuntansi melepas 93 wisudawan, Prodi Manajemen 85 wisudawan, Prodi Teknologi Laboraturium Medis 22 wisudawan, Profesi Ners 12 wisudawan, Prodi Psikologi 14 wisudawan, Prodi Arsitektur 6 wisudawan, prodi Informatika 4 wisudawan, Prodi Sistem Informasi dan Prodi D3 Kebidanan masing-masing 2 wisudawan, serta Prodi Ilmu Keperawatan dan Prodi PGSD masing-masing 1 wisudawan. Singgih berharap kepada para wisudawan agar dapat mempergunakan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar di UKMC sebagai bekal untuk berkarya di tengah-tengah masyarakat dalam berbagi pilihan profesi yang akan ditekuni. “ Dasarkanlah praktik ilmu dan pengetahuan tersebut pada nilai-nilai Spritiualitas kita “Veritas et ScienciaNobis Lumen” dan tetaplah menjadi Alumni yang Unggul, Bermartabat dan ber-Cinta Kasih.” Ungkap Singgih.

RP.Donatus Kusmartono SCJ, M.Sc. Ketua Pengurus Yayasan Musi Palembang yang mengelola Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC), mengatakan bahwa para wisudawan merupakan orang yang hebat, telah berjuang dan menang dan memiliki pribadi yang bermartabat, unggul, dan cintakasih yang merupakan marwah pendidikan di UKMC. Semoga core values ini terus menjiwai para alumni. Berbekal pencapaian Diploma, Sarjana Terapan, Profesi, maupun Strata satu , saat semua memasuki masa-masa produktif di dunia kerja, hendaknya tidak jual martabat luhurmu itu. Pasti akan ada banyak tawaran yang sangat mungkin menggoyahkan martabat dirimu sebagai citra Allah. Maka Anda perlu memegang integritas diri dengan ketat. Salah satu pembelajaran dari pandemi Covid 19 yang lalu. Romo Donatus mengajak kepada para wisudawan agar ketika menapaki langkah hidup berikutnya, tidak hidup sendirian. Dalam jalinan tak terpisahkan inilah nilai cintakasih perlu disuburkan. ( darisawalistyo)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *