Kodim 0212/TS

Anggota Kodim 0212/TS Patroli karhutla di Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom

TAPSEL,- Karhutla adalah singkatan dari kebakaran hutan dan lahan yang bulan ini sedang terjadi di Riau, Kalimantan, dan Sumatera. Karhutla menyebabkan bencana kabut asap yang mencemari udara dan mengganggu pernapasan

Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom, Kec. Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, mempunyai hutan yang sangat luas jika hanya dilakukan oleh Tim Patroli nantinya tidak akan mungkin untuk bisa mencegah adanya kebakaran hutan.

“Oleh sebab itu berdasarkan hasil patrol Hari Jum,at (11/06/2021) ini akan memasukan sosialiasi Karhutla sebagai salah satu program non fisik. Walaupun sudah tertulis namun perlu adanya spesifikasi agar nantinya sosialisasi Karhutla bisa efektif,” jelas Serma Kuntario, Jumat (11/6/21).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pada umumnya penyebab umum kebakaran termasuk petir, kecerobohan manusia, dan pembakaran. Oleh sebab itu kebakaran hutan dapat dikarakterisasi dalam hal penyebab penyalaan, sifat fisiknya, bahan yang mudah terbakar, dan efek cuaca pada api. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *