HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Aksi Unjuk Rasa KPPSS di PN Palembang

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Aksi unjuk rasa kedua kalinya, dari Koalisi Peduli Pendidikan Sumatera Selatan (KPPSS), mendesak agar Pengadilan Negeri (PN) Klas 1 Palembang, dapat bijak dalam menangani kasus Pidana Korupsi Pengelolaan Dana Komite dan Pembangunan Sekolah SMA Negeri 19 Palembang.

Yang mana kasus masih dalam tahap Pra Peradilan (Prapid) di PN Klas 1 Palembang, yang melibatkan eks Kepala SMA Negeri 19 Palembang yang berisi SR.”Hari ini kami mengelar aksi lanjutan yang kedua, karena kami tetap mendesak Pengadilan Negeri Palembang dapat bijak dalam proses Praperadilan hingga putusan dalam kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMA Negeri 19 Palembang ini ,” ungkap Nopri R, SH, selaku Koordinator aksi. selasa (22/8).

Massa aksi KPPSS dalam pernyataan sikapnya, setidaknya ada tiga poin tuntutan yaitu. Mendesak dan Meminta kepada Kepala Pengadilan Negeri Palembang untuk memberikan Atensi yang lebih terhadap Perkara Praperadilan dengan Nomor 22/Pid.Pra/2023/PN.PLG, terutama hakim yang menangani Perkara ini. Dan Meminta kepada Kepala Pengadilan Negeri Palembang untuk mengusut tuntas kasus ini dan Memulihkan hak Pemohon dalam kedudukan dan harkat serta martabatnya serta Meminta kepada hakim Pengadilan Negeri Palembang yang menangani Perkara Praperadilan dengan Nomor 22/Pid.Pra/2023/PN.PLG untuk Objek dalam memutus kasus ini dengan seadil-adilnya. “kita berharap agar kasus ini transparan karena ini menyangkut dunia pendidikan dan masyarakat dan mengharapkan kejadian ini tidak terulang kembali,” harapnya.

Sementara itu. Harun Yulianto SH MH, Hakim sekaligus juru bicara Pengadilan, didepan para pendemontrasi menegaskan jika pihaknya tegas sesuai hukum yang berlaku. Terkait aksi hari ini pihaknya memahami betul apa yang diperhatikan para pendemo, perjalanan persidangan Pra Peradilan berjalan untuk menguji kebenaran karena kita negara hukum, salah satu dikatakan bahwa tidak ada SPDP. “keputusan MK Salah satu bentuk pra peradilan yang bisa diajukan itulah yang sekarang berjalan, insak allah kami dari peradilan akan berdiri tegak berdiri kokoh, menjalankan sesuai undang-undang dan keadilan bagi masyarakat ” jelasnya.

Sekali lagi, dikatakan Harun untuk penegakan hukum yang seadil adilnya merupakan tugas dan tanggung jawab Pengadilan Negeri Palembang. “Tapi tegakan keadilan seadil adilnya itulah tugas kami, kami sangat terbuka, pra peradilan sedang berjalan kita lihat lah apa hasilnya,” tegasnya. Rencananya massa aksi KPPSS akan kembali mengelar aksi, dan terus mengawal hingga kasus tersebut memiliki sebuah keputusan yang tetap. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *