Warga Tamansari Keringkan Jerami Disawah Untuk Digunakan Pakan Sapi

PATI,MEDIASRIWIJAYA – TMMD reguler 111 Kodim Pati yang saat ini sedang berlangsung pelaksanaannya di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Di desa tersebut banyak dijumpai aktivitas pekerjaan warga selain bertani mereka beternak sapi maupun kambing karena bagi masyarakat Tamansari merupakan tabungan masa depan yang menjadi andalan. Hampir setiap keluarga petani yang ada di desa Tamansari memelihara sapi atau kambing dan bahkan tidak hanya satu ekor tetapi beberapa ekor dikandangnya.

Makanan ternak di desa Tamansari bila musim penghujan tidak menjadi masalah karena makanan hijauan sangat mencukupi, baik rumput Odot yang ditanam maupun tanaman yang lain.Tetapi sebaliknya bila musim kemarau apalagi kemarau panjang maka makanan ternak menjadi masalah tersendiri bagi para petani maupun peternak yang ada. Untuk itu agar makanan ternak terpenuhi warga mengeringkan jerami sebagai cadangan makanan hewan peliharaannya.

Seperti yang dilakukan Darmiun (45) warga dukuh Pandahan yang menjemur jerami untuk diawetkan sebagai cadangan pakan ternak miliknya. Anggota satgas TMMD Serda Jondri yang memanfaatkan waktu istirahatnya untuk membantu Darmiun menjemur jerami mereka saling berbincang-bincang. Dijelaskan oleh Darmiun bahwa sebentar lagi akan musim kemarau sehingga jerami perlu dikeringkan sebagai cadangan pakan sapi. “Karena lahan untuk menjemur dirumah tidak cukup luas, saya lebih memilih menjemur disawah. Kalau sudah kering baru saya bawa pulang dan bila saya pulang ditutupi terpal kalau ada hujan dadakan tidak basah,” ungkapnya, Kamis (08/07/2021).

Sementara itu Serda Jondri yang membantu warga tersebut mengatakan, jika kebanyakan warga disini setelah panen mereka memanfaatkan jerami kering sebagai stok pakan ternak peliharaannya. Kemudian mengeringkan agar tidak busuk, yaitu dengan dijemur hingga kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *