HeadlinePagaralamSUMSEL

Warga Maroko Akui Keindahan “Harta Karun’ Warga Pagaralan

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA – Keindahan dan pesona alam yang dimiliki Pagaralam memanglah tiada duanya. Salah satunya yang lagi viral adalah Cughup Penumpahan. Tentunya karunia ilahi ini mutlak dijaga dan dilestarikan. Dampaknya akan luar biasa manakala sumber daya alam (SDA) ini dipadukan dengan keterampilan dan jiwa seni sumber daya manusia (SDM) yang ada utamanya UMKM.

Ahmed, warga Maroko mengakui keindahan Cughup Penumpahan yang terletak di areal perkebunan teh kota Pagaralam. Seperti diungkapkan dia (Ahmed) kepada media ini, Rabu (30/8) di lokasi. Banyak sudah air terjun yang dikunjungi tapi Cughup Penumpahan adalah yang terbaik. “Many waterfalls been visited but this is the best,” ungkapnya.

Unik dan menariknya banyak mata air yang muncul dari celah-celah bukit dan bebatuan yang tak lazim. Sudah banyak air terjun yang saya datangi tidak ada yang sebagus ini, tentunya masyarakat Pagaralam wajib bersyukur dan menjaga Cughup Penumpahan,’ulas Ahmed.

Untuk diketahui lokasi wisata Cughup Penumpahan beroperasi 1.5 tahun yang lalu, dengan mata air sebanyak 16 aliran dari celah- celah bebatuan. Lokasi ini masih dikelola secara pribadi yang tentunya perlu perhatian dari pemerintah. Untuk sampai ke lokasi bisa berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar 15 menit dari areal perkebunan teh, (lokasi parkir) yang disediakan, tetapi bila menggunakan kendaraan-kendaraan roda dua tentunya akan lebih singkat.

Menurut Erlan, pengelolah sekaligus pemilik Cughup Penumpahan. Pengoperasian Cughup ini baru sekitar satu setengah tahun yang lalu. Dengan modal seadanya secara bertahap, saat ini sudah banyak pengunjung. “Alhamdulillah sekarang banyak yang berkunjung, dan kalau hari libur jumlah pengunjung lebih banyak dari hari biasa. Kalau libur tidak bisa berfoto sebebas hari biasa seperti sekarang, karena ramainya pengunjung. Cughup Penumpahan ini merupakan harta karun bagi saya dan keluarga yang perlu dan harus dijaga serta dikembangkan,” katanya (Rep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *