Warga Desa Tamansari Memanfaatkan Kotoran Ternak Jadi Pupuk Organik

Pati – Sebagian besar petani Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, masih mengandalkan pupuk kandang sebagai pupuk dilahan sawah mereka, disamping pupuk kimia juga digunakan sebagai pupuk pelengkap. Mereka beralasan pupuk kandang tersedia cukup banyak, jadi sia-sia kalau tidak dimanfaatkan.

Seperti yang dilakukan Ibu Suyatmi (52) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, sedang mengangkut pupuk kandang untuk dibawa ke lahan sawahnya. Dengan dibantu Serda Sukarji, Suyatmi membawa 4 ember pupuk kandang dengan menggunakan sepeda motor, Jum’at (25/6/2021)

Sekarji dalam kesempatan tersebut mengatakan, dirinya kagum dengan ketangkasan Ibu Suyatmi. Seumuran dia masih bisa mengangkut 4 ember berisi pupuk kandang, walaupun dibuat wadah khusus yang pasang diatas jok sepeda motornya.

“Untuk itu saya berusaha membantu Suyatmi, karena terlihat dirinya seperti keberadaan mengangkat ember ke atas sepeda motor. Tidak ada salahnya kita membantu orang yang membutuhkan bantuan,” ujar Sukarji.

Sementara Suyatmi mengucapkan terimakasih kepada Sukarji karena telah dibangun mengangkat 4 ember berisi pupuk kandang.

“Matur nuwun sanget pak (terimakasih sekali pak) sudah membantu saya. Semoga amal kebaikan bapak mendapatkan balasan dari Allah SWT,” tuturnya. (0718)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *