Kodim 0212/TS

Warga dan Babinsa Kodim 0212 Aduk Bahan Dodol Berirama

Tapsel,- Pemberdayaan masyarakat adalah suatu upaya atau proses untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat dalam mengenali, mengatasi, memelihara, melindungi, dan meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri.

Meskipun dalam pembuatan yang lama prosesnya, namun warga Desa Siuhom tak putus asa karena dengan usaha jenang dodol ini mereka dapat mencukupi ekonomi warga.

“Makanan tradisonal jenang Dodol ternyata lama pembuatannya, apinya harus stabil, menggunakan bantuan orang banyak untuk mengaduknya. Warga dan Babinsa mengaduk bahan jenang terdiri dari beras ketan, air, gula, air santan serta penyedap rasa dimasukkan di Wajan Besar untuk diaduk secara beriringan dua orang yaitu Babinsa dan Warga di lokasi pengrajin pembuat Jenang Dodol Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat, Kab.Tapanuli Selatan,” jelas Babinsa Parad Nandang, anggota Kodim 0212/TS (12/06/2021).

Pengadukan yang berirama agar bahan tercampur rata dan akan menjaga kualitas dari jenag sehingga rasanya akan lebih enak merata. Sehingga tidak ada yang kering atau menggumpal. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *