Virtual, Pelepasan 1.132 Mahasiswa PPL UPGRI Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Bertempat di Lantai IV Gedung Business and Science Center Universitas PGRI Palembang berlangsung pelepasan 1.132 mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang, Kamis (15/7).

Pelepasan 1.132 mahasiswa dilakukan simbolis oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si,CIQaR setelah sebelumnya ditandai dengan Penandatanganan berita acara penyerahan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs H Riza Pahlevi, M.M dan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto, S.Pd, M.M juga secara virtual dengan disaksikan Ketua YPLP PT PGRI Palembang, Dr. Hj. Meilia Rosani,S.H.,M.H. yang juga mengikuti prosesi penyerahan secara virtual.

Rektor UPGRI Palembang didampingi Wakil Rektor I UPGRI, Dr Yasir Arafat,S.E.,M.M,CIQaR, Wakil Rektor III, Sukardi, M.Pd, Dekan FKIP UPGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, M.Pd,CIQaR, Wakil Dekan I dan III FKIP UPGRI serta beberapa pejabat lainnya melepas 1.132 mahasiswa FKIP UPGRI untuk melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

Dekan FKIP UPGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, M.Pd, CIQaR melaporkan kegiatan PPL ini rutin  dilakukan mahasiswa FKIP pada semester ganjil. “Khusus mahasiswa yang akan mengikuti PPL ini sejak 2 bulan lalu disiapkan. 1.132 mahasiswa ini akan disebar di 72 sekolah yang terdiri dari  4 sekolah TK PAUD, 7 Sekolah Dasar, 7 SMP, 18 SMA baik negeri maupun swasta serta 5 SMK yang juga terdiri dari SMK negeri dan SMK swasta. “Adapun 1.132 mahasiswa PPL ini di lingkungan Diknas Sumsel dan kota Palembang baik  sekolah swasta dan negeri dengan didampingi  51 dosen pembimbing. Pada tanggal  13 Juni kami sudah melaksanakan rapat koordinasi teknis pelaksanaan proses daring. Kepada anak-anak yang akan melaksanakan PPL, saya berpesan ikuti kebijakan sekolah masing- masing yang saat pandemi ini melaksanakan beberapa penerapan seperti pembelajaran semi daring, luring atau daring. Jadi intinya kalian menyesuaikan dengan apa yang diterapkan sekolah,” ujar Dessy yang juga melaporkan bahwa kegiatan PPL dilaksanakan sejak 21 Juli sampai dengan 21 September 2021.

Raktor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian,M.M.,M.Si, CIQaR dalam sambutannya mengatakan PPL dilaksanakan selama dua bulan. “Tentu banyak kekurangan mahasiswa kami karena selama ini mereka hanya mendapatkan ilmu teori. Kami berharap adanya bimbingan dan arahan kepada seluruh guru pamong. Beri ilmu dan pengalaman kepada mereka karena mereka calon guru muda yang akan melanjutkan tugas mulia ini,” kata Bukman yang pada kesempatan sambutan menyampaikan terima kasih kepada Kadiknas Provinsi Sumsel yang berkenan menandatangani perpanjangan MOU. “Kami akan tindaklanjuti MOU ini dalam implementasikan tujuan MoU ini,” tambah Bukman.

Sementara itu, secara virtual, Kadiknas Sumsel Drs. H. Riza Pahlevi,M.M menyambut baik adanya mahasiswa FKIP UPGRI yang melaksanakan PPL di lingkungan kota Palembang. “Kota Palembang tempat praktek, semoga bisa meningkatkan kualitas bukan saja kuantitas. Kepada dosen dan guru pembimbing lakukan pembinaan agar terjadi kesamaan teoritis dan praktek. Dosen harus terbuka dengan situasi di lapangan sehingga calon guru PPL ini akan juga bisa memahami sinergis teori dan kenyataan di lapangan. Saya percaya mahasiswa PPL FKIP UPGRI ini adalah calon guru kreatif apalagi dengan keberadaan UPGRI yang selalu mengedepankan kualitas sesuai dengan slogan Melaju dengan Mutu,” kata Riza yang pada kesempatan ini juga berpesan agar mahasiswa PPL kreatif, peka dan pandai memanfaatkan apa yang ada.

Ketua YPLP PT PGRI Palembang, Dr. Hj Meilia Rosani,S.H.,M.H. dalam sambutannya secara virtual mengatakan dirinya sebagai Ketua Yayasan sangat mengharapkan bimbingan dan arahan melalui kepala sekolah dan guru pamong. Selanjutnya pesan bagi mahasiswa agar patuhi segala aturan di sekolah masing-masing dan jaga nama baik UPGRI Palembang. Terus berkomunikasi dengan pihak sekolah. Media pembelajaran harus menyesuaikan dengan sekolah masing-masing dan ikuti terus kebijakan- kebijakan yang diterapkan di tempat PPL,” ujar Hj Meilia.

Ahmad Zulinto,S.Pd, M.M selaku Kepala Dinas Pendidikan kota Palembang sekaligus Ketua PGRI Sumsel dan Pembina YPLP PT PGRI Sumsel dalam sambutannya secara virtual menyatakan menerima mahasiswa FKIP UPGRI Palembang yang akan melaksanakan PPL di lingkungan wilayah kerjanya, kota Palembang. “Saya selaku kepala dinas menerima setelah ditandatangani MoU 1.132 mahasiswa PPL tersebut. Mahasiswa diuji dengan situasi pandemi. Tahun lalu bisa tatap muka sekarang daring. Ujian terbesar tapi saya yakin sudah dibekali UPGRI dengan pengetahuan praktis dan teori. UPGRI Melaju dengan Mutu memang sudah diyakini,” ujar Zulinto yang pada kesempatan ini juga berpesan kepada mahasiswa PPL agar berkreatif mempersiapkan akun- akun pembelajaran untuk pesan- pesan pendidikan yang dipastikan sampai ke anak didik. (iah)

Rektor UPGRI Palembang saat menandatangani berita acara penyerahan mahasiswa PPL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *