HeadlineNasionalPalembangPendidikanSUMSEL

UPGRIP All Out Support Sumsel Sebagai Tuan Rumah Olimpiade Sekolah PGRI ke-1

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Perlombaan bertaraf nasional Olimpiade Sekolah PGRI ke-1 pada 7-9 September 2023 resmi dibuka di Main Dining Hall, International Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis (7/9/2023) malam.

Acara ini resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, SH, MH dan disaksikan Ketua PB PGRI Prof. Dr. Hj. Unifah Rosyidi, M.Pd dengan diikuti oleh 14 Provinsi yang ada di Indonesia, dengan total 480 peserta.

Turut hadir Ketua YPLP PGRI Pusat Prof. Supardi US, MM, MPd, Ketua PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd., MM, Sekretaris Drs. H. Lukman Haris, M.Si, Ketua Perwakilan YPLP Provinsi Sumsel H. Hasanudin, S.Pd., M.Si., Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, SH., MH, Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si, CIQaR, Jajaran Forkompinda terkait, para kontingen, serta para tamu undangan.

Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si, CIQaR menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan penyelenggaraan yang digelar oleh Pengurus PGRI Sumatera Selatan dan juga Perwakilan YPLP PGRI Provinsi Sumatera Selatan.

Namun, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai mitra turut mensukseskan kegiatan ini. Bahkan, penyelenggaraan perlombaan digelar di UPGRIP dan SMAN Sumsel.”Dan Univeritas PGRI Palembang sudah pasti All Out membantu. Begitu juga beberapa perlombaan digelar di Universitas PGRI Palembang seperti tari, seni, sains dan lainnya,” terangnya.

Tak hanya itu, UPGRIP juga membantu dari mulai saat pra-olimpiade karena UPGRIP memiliki fasilitas yang cukup secara IT untuk menjangkau seluruh Indonesia. Bahkan, sarana dan prasaran hingga SDM pendukung

Keterangan foto:  Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, SH., MH

Ketua Perwakilan YPLP Provinsi Sumsel H. Hasanuddin, S.Pd., M.Si sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Olimpiade PGRI ke-1 mengatakan acara ini diikuti oleh berbagai Provinsi yang ada di Indonesia. Di antaranya adalah Sumatera Selatan, Bali, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Banten , NTT, Jambi, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI dan Maluku. “Acara ini sendiri memperlombakan sebanyak 15 tangkai lomba di tingkat SMP, SMA dan SMK PGRI di seluruh Indonesia yang terdiri dari Matematika , IPA, Fisika, Biologi, Kimia, Bisnis Plan, Karya tulis, Pidato ke PGRI an dalam Bahasa Inggris, News Reading in English, Tari kreasi tradisional, Poster, Film pendek, Catur cepat, Penyusunan RPP berbasis IT dan Praktik baik pengembangan bagi kepala sekolah,” ujarnya.

Keterangan foto: Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si, CIQaR.

Ketua PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd., MM mengucapkan terima kasih kepada Ketua PB PGRI Prof. Dr. Hj. Unifah Rosyidi, M.Pd yang telah mempercayai Sumsel menjadi tuan rumah Olimpiade PGRI pertama di Indonesia. Sehingga merespon kepercayaan tersebut, Pengurus PGRI Sumatera Selatan dengan berbagai keterbatasan siap mensukseskan ajang bergengsi ini di Bumi Sriwijaya. “Apalagi ini bukan sekedar acara ceremony, tapi juga meningkatkan kreatifitas dan bakat para pelajar, baik di Sumatera Selatan dan Indonesia pada umumnya,” urainya.

Tak lupa, ia mengucapkan selamat datang kepada semua kontingen dari berbagai daerah di Indonesia untuk bersama berkompetisi dalam ajang Olimpiade PGRI ke-1.

 

Keterangan foto: Ketua Panitia Pelaksana Olimpiade, H Hasanuddin, S.Pd.,M.M

 

Keterangan foto: Ketua PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd., MM

 

Keterangan foto: Ketua PB PGRI Prof. Dr. Hj. Unifah Rosyidi, M.Pd 

Ketua PB PGRI Prof. Dr. Hj. Unifah Rosyidi, M.Pd pada kesempatan tersebut mengaku bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada PGRI Sumatera Selatan yang telah bersedia menjadi tuan rumah Olimpiade PGRI ke-1.

Pihaknya mengakui di tengah isu betapa sulitnya sekolah swasta dengan berbagai keterbatasan, tentu hal ini sangatlah sulit. Tapi ternyata ini berjalan dengan sangat meriah digelar oleh PGRI Sumatera Selatan selaku tuan rumah. “Apalagi ini luar biasa sangat meriah, jadi semangatnya adalah kebersamaan dan solidaritas. Jadi itu adalah dasar untuk kita bergerak dan bertumbuh, dan ini datang dari seluruh penjuru tanah air,” ucapnya.

 

Keterangan foto: Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru SH, MH

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru SH, MH menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada PB PGRI yang telah mempercayai Sumsel sebagai tuan rumah Olimpiade PGRI yang pertama di Indonesia. Apalagi, Sumsel memang dikenal sukses menyelenggarakan berbagai multi event dengan berbagai fasilitas. “Saya salut dan bangga. Bangga karena Sumsel menjadi tuan rumah Olimpiade sekolah PGRI tingkat nasional,” terangnya.

Tak lupa Deru mengucapkan selamat datang di Palembang Sumatera Selatan, kepada seluruh kontingen PGRI dari berbagai Provinsi di Indonesia. Dan terkhusus kepada panitia agar menjadi tuan rumah yang baik. “Ayo kita tunjukkan kita sebagai warga Sumsel yang ramah dan sportif. Selalu ingin juara tapi dengan cara yang baik dan benar. Sehingga nama Sumsel bukan hanya baik dalam kabar namun baik dalam kenyataan. Selamat datang di Palembang, sukses untuk PGRI Sumsel dan seluruh PGRI yang ada di Indonesia,” harapnya. (*)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *