UKMC Lakukan PPM di SMP Xaverius Pagar Alam

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA – Tim dosen UKMC yang terdiri dari Rm. Ignasius Putera Setiahati, S.Ag., M.Sc., Maria Nuraeni, SKM., M.Kes., Elita Ria Agustine, pada Sabtu ( 4/11) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMP Xaverius Pagar Alam. Kegiatan ini dibuat dalam bentuk rekoleksi sesuai harapan dari pihak sekolah. Rekoleksi terlaksana berkat bantuan Bapak Yohanes Sarwo Kabul yang ikut memfasilitasi kegiatan rekoleksi ini dengan tema: “Duc in Altum” (bertolak ke tempat yang dalam). Di harapkan para pendidik berani membuat terobosan-terobosan dalam pendidikan, out of the box, keluar dari zona nyaman.

Rm. Ig. Putera Setiahati dalam materi rekoleksinya . mengungkapkan bahwa menjadi guru merupakan panggilan. Artinya para guru diajak untuk mendidik anak-anak menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara di masa depan. Ini merupakan pekerjaan yang mulia yang patut disyukuri walau tidak mudah. Disadari atau tidak, peran guru dalam mendidik dan mengajar siswa begitu besar. Banyak riset yang menunjukkan bahwa perubahan perilaku dari siswa akibat dari teladan, didikan dan pendekatan yang dilakukan guru Dalam relasinya dengan siswa, guru ternyata bukan hanya membantu siswa mengembangkan pengetahuan kognitifnya, tetapi juga mampu membantu siswa mengembangkan dan mengubah tingkah lakunya menjadi lebih baik untuk menjadi pribadi yang utuh di masa depan .

Dengan semangat baru dan penyegaran dari kegiatan ini diharapkan para pendidik semakin semangat dalam memberikan pelayanan dan menemukan terobosan-terobosan baru. Kepala Sekolah, V. I Wayan Sujanto, mengharapkan para guru dan karyawan SMP Xaverius mempunyai niat, baik pribadi maupun kebersamaan, untuk membangun dan menghidupkan sekolah. “Hati yang seharusnya dimiliki seorang pengajar, ketika seorang pengajar memaknai panggilannya dan bekerja dengan hatinya inilah yang akhirnya disebut dengan mendidik dengan hati (bukan makan hati). Mendidik dengan hati akan memiliki kualitas yang berbeda dibandingkan sekedar mendidik. “ harap Wayan Sujanto. ( daris )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *