EkonomiHeadlineNasionalNUSANTARAPalembangPendidikanSUMSEL

UIN RF Palembang Hijaukan Bumi dengan Penanaman 1000 Pohon Bersama Menko PMK RI

 

img

Foto: Dok Humas UIN RF

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA —  Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang bekerja sama dengan Kemenko PMK melakukan kegiatan penanaman 1000 pohon sebagai bentuk penghijauan kampus pada Kamis (20/10) bertempat di taman Gedung Perpustakaan Kampus B UIN Raden Fatah Palembang.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si. dan para tamu undangan serta civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang.

Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. menyampaikan bahwa upaya yang kita lakukan sekarang adalah dalam rangka mendukung Eco Green Campus dan sangat menyambut baik kegiatan ini dimana ini merupakan kegiatan konservasi alam, dengan harapan kegiatan seperti ini terus dilakukan agar penghijauan ini memberikan manfaat dan ke depannya kolaborasi tetap terjaga. “Selain untuk penghasil oksigen, pohon juga berperan penting dalam menyangga ekosistem, keanekaragaman hayati dan penghidupan masyarakat dalam mencapai keamanan pangan. Menanam pohon akan berhasil ketika pohon yang tepat ditanam sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di sekitar wilayah tersebut,” ujar Menteri PMK.

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy menjelaskan, penanaman pohon tidak dilakukan secara sembarang. Tetapi, nantinya, penanaman pohon akan dilakukan di lokasi yang benar membutuhkan. Seperti untuk melakukan reboisasi, mencegah longsor di perbukitan, mencegah banjir di dataran rendah, dan mencegah erosi dan abrasi. Untuk jenis tanamannya, Menko PMK juga meminta agar bisa ditanam pohon endemik atau pohon khas yang ada di daerah tersebut.“Dengan menanam berarti kita turut serta dalam menjaga kelangsungan ekosistem, yang sangat berperan demi kelangsungan makhluk hidup dan lingkungan. Mari kita jaga dan lestarikan hutan dengan gerakan menanam 1000 pohon, merawat, dan memeliharanya,” jelas Muhadjir Effendy.

Dalam kesempatan itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Pro Nyayu menyampaikan bahwa penanaman pohon ini akan membawa dampak edukasi positif dan menumbuhkan mental menanam pohon kepada masyarakat luas.”Kita harapkan dengan kegiatan ini akan memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya melestarikan tanaman hutan. Tentu budaya memotong menebang harus dikurangi dan bagaimana kita mengedukasi masyarakat untuk suka menanam tanaman,” tuturnya  (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *