TMMD, Manunggal TNI dengan Penyuluh Pertanian Dukung Ketahanan Pangan Lampung Utara

TNI Angkatan Darat siap mendukung pendampingan dan pengawalan pencapaian ketahanan pangan, yang dilakukan Kementerian Pertanian RI seluruh Indonesia, utamanya peningkatan kapasitas SDM pertanian melalui kegiatan penyuluhan pertanian.

Komitmen tersebut diimplementasikan di Provinsi Lampung oleh Kodam II/SWJ khususnya Kodim 0412/LU memberikan penyuluhan pertanian kepada para petani di Desa Sumber Arum, Kecamatan Kotabumi Ilir Kabupaten Lampung Utara, belum lama ini, sebagai bagian dari kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI. Program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan kementerian/lembaga pemerintah yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

Tujuan TMMD meningkatkan akselerasi pembangunan di pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Kodim 0412/LU selaku Komando Distrik Militer (Kodim) di bawah kendali Komando Daerah Militer (Kodam) koordinasi dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sumber Arum berupaya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan petani di Desa Sumber Arum, Kecamatan Kotabumi Ilir Kabupaten Lampung Utara.

Sinergi Kodim dan Dinas Pertanian pelaksanaan sejalan dengan tugas, pokok dan fungsi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian -Kementerian Pertanian (BPPSDMP) melakukan sinergi dengan pemerintah daerah dan lembaga terkait membangun kualitas SDM pertanian di seluruh Indonesia.

Kegiatan penyuluhan berlangsung di Balai Desa Sumber Arum, dihadiri Bapak Ir. Jiwa dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kendal mengatakan ketahanan pangan merupakan program pemerintah pusat dan daerah.”Penyuluhan ini bermanfaat bagi petani bercocok tanam dengan baik dan benar yang berorientasi laba,” kata Bapak Ir Jiwa

Komandan Kodim 0412/LU Letkol Inf Harry Prabowo,SE yang dalam Hal ini diwakili Lettu Inf Basrudin mengatakan penyuluhan pertanian diharap mendukung kemajuan pertanian di Desa Sumber Arum dan sekitarnya.

“Penyuluhan pertanian diharapkan membuat petani kian paham tentang bertani yang menghasilkan panen yang bagus, sehingga meningkatkan pendapatan petani,”Jelas Lettu Basrudin.(Pendim 0412/LU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *