HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

Tim PkM FHIP UKMC di SMA Xaverius 1 Palembang : Kembangkan Karakter Cinta Keberagaman

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) UKMC, Tim PkM Dosen Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan (FHIP), Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC), yang diketuai oleh Theresia Widyastuti, Dosen Psikologi UKMC, berkolaborasi bersama SMA Xaverius 1 Palembang dalam salah satu kegiatan di dalam program pembentukan profil pelajar Pancasila yang diselenggarakan oleh SMA Xaverius 1 Palembang. Kegiatan PkM dengan judul “Pelatihan Pengembangan Karakter Diri dalam Keberangaman pada Siswa Kelas X SMA Xaverius 1 Palembang” ini dilaksanakan selama dua hari pada minggu lalu. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 255 siswa-siswi kelas 10.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, di mana Kemendikbud telah meluncurkan program Pendidikan yang bertujuan membentuk pelajar yang memiliki karakter yang bisa menghargai dan menghidupi kebhinekaan global. Melalui program ini, sekolah diharapkan dan didukung untuk membentuk profil pelajar Pancasila yang memiliki tiga elemen utama yakni mengenal dan menghargai budaya, memiliki kemampuan komunikasi intercultural, dan mampu merefleksikan dan bertanggung jawab terhadap pengalaman berkebhinekaan. SMA Xaverius 1 Palembang adalah satu dari banyak sekolah yang sudah mulai menerapkan program tersebut. Berlasung selama dua hari, pada hari pertama kegiatan, Tim PkM memberikan materi mengenai “Tipe-TipeKepribadian” dan “Stereotipe dan Prasangka” bagi para peserta. Materi ini diberikan oleh Theresia Widyastuti dan YM Restu Dian dan pada hari ke dua Tim PkM memberikan materi mengenai “Manajemen Konflik Dalam Dunia Pendidikan” yang disampaikan oleh Lisnani dan Regina Giovanny. Materi ini pada hari kedua ini tentunya sangat erat dengan tema memupuk rasa cinta terhadap keberagaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa perbedaan dapat menjadi salah satu penyebab utama terjadinya konflik dalam suatu kelompok sosial yang heterogen/ beragam anggotanya. Sebagai anggota dari kelompok social heterogen di SMA Xaverius 1 Palembang, menjadi penting bagi siswa-siswi kelas X untuk paham mengenai konflik dan bagaimana cara mengatasinya. Melalui materi hari ke dua ini, para peserta diajak untuk memahami apa itu konflik, jenis-jeniskonflik, penyebab-penyebab terjadinya konflik, serta strategi mengatasi konflik.

Kegiatan PkM yang dikolaborasikan bersama SMA Xaverius 1 Palembang juga diisi dengan games dan ice breaking yang dipandu oleh tim mahasiswa Prodi Psikologi, UKMC. Games dan Ice Breaking yang diberikan tentunya juga berkaitan dengan membangun solidaritas dan kerjasama di tengah-tengah masyarakat yang memiliki latar belakang yang beragam. Melalui kegiatan “Pelatihan Pengembangan Karakter Diri dalam Keberangaman” ini, para siswa diharapkan untuk menjadi lebih peka dan menjunjung tinggi toleransi dalam bersikap dan berperilaku di dalam masyarakat yang beragam, secara khusus di lingkungan SMA Xaverius 1 Palembang, dan masyarakat secara umum. (daris)

admin

Slotmm adalah situs betting online dengan game pgsoft no 1 di indonesia, deposit pulsa tanpa potongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *