Subdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel Mengamankan Penjual Kosmetik Ilegal

PALEMBANG. MEDIASRIWIJAYA,- Desti Ramadona (21) warga Perumahan Bougenville Residence Blok C5 Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang Palembang, hanya bisa diam tertunduk, saat petugas kepolisian dari Subdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel meringkis dirinya. Kamis (27/05) sekitar pukul 09.45 Wib.

Tersangka Desti, diamankan petugas karena tanpa izin dan atau dengan sengaja memperdagangkan kosmetik dan obat obatan ilegal tanpa izin perusahaan bahkan dari Pemerintah. “Yang kita amankan ini tersangka penjual kosmetik tanpa izin baik itu perusahaan ataupun pemerintah. Saat menjual tersangka ini tidak mengetahui kandungan zat, apakah ada merkuri atau tidak,” ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Pol H Anton Setiyawan SIK SH, rabu (02/06).

Masih dikatakan Kombes Pol Anton. Selain mengamankan tersangka, petugas juga mengamankan barang bukti berupa, 403 botol obat gemuk atau 24.180 butir. 4 botol obat kurus atau 120 butir. 15 pot crem paten malam. 2 pot crem paten siang. Satu unit Hanpone. Dan kwitansi pembelian dan pakaian. Ujarnya.

Sementara itu. Pelaku Desti Ramadona, mengaku jika barang kosmetik dan obat obat yang diperdagangkannya selama kurun waktu 2 tahun dibeli secara on line melalui akun shoope . “Saya sudah dua tahun jualan ini, barang saya beli dari on line Sopie, selama jualan tidak ada yang komplain,” ujarnya singkat.

Atas pembuatannya pelaku di jerat dengan Pasal 196 Jo Pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) UU No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Pasal 197 ayat (1) Jo Pasal 106 ayat (1) UU RI No 11 Tahun 2020 Tentang Hal Cipta dan Pasal 62 UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen ancaman maksimal 15 tahun penjara. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *