Spesialis Pencuri Kotak Amal Masjid Dibekuk Tim Opsnal Polsek IB 2

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Hanya beralasan untuk uang jajan, tersangka Indra Candra alias Indra (35). Spesialis pencuri kotak amal masjid saat umat islam tengah menjalankan shalat jumat berjamaah. Tak berkutik saat tim opnal Polsek Ilir Barat (IB) 2 Palembang, berhasil meringkus tersangka tanpa perlawanan di rumahnya, Jumat (22/10).

Dari tangan tersangka Indra, warga Jalan Ki Gede Ing Suro Lorong Serengam 1 Kelurahan 32 Ilir Kecamatan IB 2 Palembang ini, terbukti berdasarkan rekaman CCTV saat masyarakat menunaikan shalat jumat berjamaah di Masjid Zaidin sekitar pukul 12.45 Wib keluar dari masjid sambil menenteng kotak amal masjid yang diselimuti jaket tersangka. Dengan santai, bapak dua anak ini melenggang keluar ke tempat parkiran dan kabur dengan mengunakan sepeda motor BG 4402 ABR, kabur ke arah Kantor Dishub Kelurahan 32 Ilir Palembang.

Berdasarkan laporan dari Pengurus Yayasan Masjid Zaidin ini, Kapolsek IB 2 Palembang Kompol M Ihsan langsung memerintahkan Tim Opsnal Polsek IB 2 Palembang yang dipimpin langsung Kanit Reskrim Iptu Rusmanto.

Dari rekaman CCTV itulah petugas langsung melakukan penyelidikan dan penangkapan, jika tersangka Indra saat itu berada di rumahnya, petugas langsung bergerak cepat melakukan penangkapan tersangka, dari pengakuan tersangka jika barang bukti kotak amal masjid sempat dibuka di kawasan kantor Dishub dan dibuang di pinggir sungai Musi.

Selanjutnya tersangka bersama barang bukti kotak amal masjid digelandang ke Mapolsek IB 2 Palembang, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolsek IB 2 Palembang Kompol M Ihsan didampingi Kanit Reskrim Iptu Rusmanto membenarkan jika pihaknya berhasil mengamankan spesialis pencuri kotak amal masjid kurang dari 1 x 24 jam, di rumahnya. “Kita mengamankan Indra, tersangka pencuri celengan masjid Zaidin (kotak amal masjid-red), dimana disaat jemaah sedang melaksanakan shalat jumat berjamaah, dia mengambil celengan dimasukan ke dalam jaketnya keluar saat di pakiran dia ini ngaku mau ketemu sama anaknya yang sedang sakit membuat juruh pakir masjid tidak curiga” ungkap Kompol M Ihsan, Sabtu (23/10).

Dijelaskan Kapolsek IB 2 Palembang, berdasarkan pengakuan tersangka kepada petugas jika dirinya sudah dua kali mencuri kotak amal masjid dengan modus dan cara yang sama, ”dari pengakuan tersangka ini sudah dua kali pertama masjid di kawasan Glora dan kedua masjid Zaidin, modus sama pura pura shalat dimana saat masyarakat sedang shalat jumat berjamaah,” jelasnya.

Sementara itu. Pengakuan tersangka Indra dirinya baru dua kali melakukan aksi mencuri kotak amal masjid, setiap aksinya kotak amal dibuka secara paksa merusak gembok dengan batu, puluhan ribu uang sumbangan jemaah habis digunakan untuk foya-foya. “Aku ke sana pura pura shalat, lalu ambil celengan, sudah dua kali pertama di masjid Gelora aku dapat uang sekitar 76 ribu, kalau yang kedua ini di masjid Zaidin dapat 80 ribu, uang habis untuk makan,” akunya.

Atas perbuatanya tersangka dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun. (Ly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *