Sertu Kurdiyanto Belajar Sistem Kerja Tukang Pandai Besi

PATI,MEDIASRIWIJAYA – Anggota satgas TMMD Reguler 111 Kodim 0718/Pati melaksanakan kegiatan non fisik Komunikasi Sosial dengan menyambangi pengrajin pandai besi yang berlokasi di dukuh Pandean desa Tamansari, kecamatan Jaken, kabupaten Pati. Rabu (14/7/2021).

Sertu Kurdiyanto sambangi tukang pandai besi pembuat alat pertanian di bengkel kerja milik Ngarijan (63) warga Rt.01 Rw.02. Dibengkel kerjanya tersebut Ngarijan sehari-hari menghabiskan waktunya di tempat tersebut sebagai mata pencahariannya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dihampiri salah satu anggota TNI, Ngarijan terus terang senang karena ditempat kerjanya dikunjungi anggota TNI, sambil bersendau gurau, Sertu Kurdiyanto ikut membantu sekaligus belajar cara membuat sebatang besi menjadi alat pertanian.

Sertu Kurdiyanto mengatakan, bahwa kedatangannya di bengkel pandai besi milik bapak ngarijan untuk silaturahmi dan belajar bagaimana sistem kerja pandai besi. Setelah saya pelajari cara kerjanya ternyata lumayan berat dan susah

“Pandai besi itu punya filosofi jawa pak yang artinya kita hidup didunia ini perlu kesabaran, keuletan dan banyak belajar dari kehidupan, kesabaran serta keuletan digambarkan pada perjuangan seorang pandai besi yang menempa besi yang akan dijadikan peralatan dilakukan dengan penuh kesabaran,” sambung Ngarijan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.