PalembangPolitik

Serap Aspirasi Konstituen, Anggota DPRD Kota Palembang Gelar Reses 22-26 Agustus 2023

Keterangan foto: Anggota Dapil 1 saat melakukan reses.

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – DPRD Kota Palembang kembali menggelar reses untuk bertemu dan mendengar aspirasi konstituen. Kegiatan reses yang berlangsung 22 hingga 26 Agustus 2023 tersebut terdiri dari 6 daerah pemilihan (Dapil).
Dalam kegiatan reses, selain bertemu konstituen sesuai kelompok Dapil, juga dilakukan secara perorangan.

Ketua Dapil I, Nazili SH mengatakan, sejumlah hal yang menjadi temuan adalah kunjungan ke SD Negeri 14 Palembang yang ternyata kekurangan lokal. “Jumlah muridnya mencapai 600 siswa sedangkan jumlah lokal hanya 6 ruang, sehingga jadwal belajar siswa terpaksa dibagi 3 shif. Terkait hal ini, tentu menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti Dinas Pendidikan Kota Palembang dengan melakukan penambahan lokal,” ungkap Nazili.

Persoalan lainnya lanjut Nazili, soal banjir di beberapa perkampungan warga. Lalu lanjut dia, adanya keinginan pedagang kaki lima agar disediakan tempat berdagang karena selama ini berjualan di kawasan jalur hijau.”Selanjutnya adanya usulan agar insentif
ketua RT yang selama ini Rp 600 agar dapat dinaikan. Kemudian ada usulan pengaspalan jalan dan usulan pengadaan komputer untuk memperlancar pelayanan di Kantor Lurah Siring Agung,” ucapnya.

Keterangan foto: Kegiatan reses Dapil 2 di beberapa lokasi.

Selanjut reses Dapil II DPRD Palembang. Sutami Ismail, selaku koordinator Dapil II mengatakan, dalam reses Dapil II, pihaknya meninjau Kantor Interbis melihat kondisi perusahaan dan mengecek aturan penggunaan BPJS kesehatan dan PHK karyawan. “Kita meninjau Interbis karena ada pengaduan yang kita terima soal pengaturan BPJS dan PHK karyawan. Dari sini kita meminta agar perusahaan mengeluarkan kebijakan sesuaikan dengan aturan. Artinya masalah karyawan harus benar- benar diperhatikan kita,” tandas Sutami.

Selain itu lanjut Sutami, pihaknya juga meninjau gudang Alfamart di Jln Baypass terkait adanya keluhan sistem parkir yang tak teratur. “Dari temuan ini, kita meminta
Dishub agar dapat diatur dan ditertibkan. Jangan sampai mengganggu lalulintas,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Dapil III DPRD Palembang, Ir Alex Andonis dalam reses, mereka menampung keluhan masyarakat mengenai penerangan jalan yang masih mendominasi. Padahal, setiap rapat bersama mitra sering ia sampaikan. “Masalah infrastruktur seperti banjir, jalan, dan lampu jalan yang sering menjadi keluhan Masyarakat. Kalau kita lihat OPD terkait yang lambat dalam menindaklanjuti hal ini. Kita ini bertindak sebagai fungsi pengawasan,” ujar Alex.
Terkait keluhan dan pengaduan warga, pihak kata Alex akan menyampaikan aspirasi konstituen di Dapil III dalam bentuk laporan dan akan kita bawa dalam sidang paripurna,” katanya.

Sebetulnya tegas Alex, pelaksanaannya itu adalah Wali Kota sebagai eksekutor. Namun, ia menyoroti Disperkimtan banyak sekali alasan. “Mulai dari alasan anggaran, tidak sesuai dengan spesifikasi PLN dan lainnya. Mudah-mudahan PLN juga sudah di panggil oleh Komisi II masalah lampu jalan ini cepat terselesaikan,” tegasnya.

DPRD Kota Palembang Masa Persidangan  III Tahun 2022 Daerah Pemilihan (Dapil) IV (Empat) Kecamatan Kalidoni, Sako, Sematang Borang pada 4-7 Desember dilaksanakan di Kantor Camat  Kalidoni, Rabu (7/12/2022).

Keterangan foto: Kegiatan reses Dapil III di beberapa lokasi.

Reses Ketua Dapil IV H Pomi Wijaya, ST., S.Sos., MM (Partai Demokrat), Wakil Ketua Duta Wijaya Sakti, SH (Partai PDI Perjuangan), Sekretaris Dapil IV Peby Anggi Pratama, SH MKn (Partai Golkar), Patra Wibowo, SE (Partai Gerindra), Ruspanda Karibullah, ST (Partai PAN), Subagio Rachmat Sentosa, SH (Fraksi PKS) dan Donny Prabowo (Partai Nasdem). Menanggapi aspirasi masyarakat, Ketua Dapil IV H Pomi Wijaya  ST S.Sos MM mengatakan, di Kecamatan Kalidoni sudah mereka dengar masalahnya adalah masalah jalan, drainase dan ada banyak masalah air. “Tapi untuk lebih jelas lagi direktur PDAM Pak Andi kami minta hadir untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat dan memberikan kepastian agar masyarakat tidak bertanya-tanya kapan kira-kira bisa menikmati air dari PDAM,” ucapnya.

Pomi menjelaskan, selama ini wilayah lain sungai Selincah ini termasuk dalam zona merah. Karena debitnya sangat rendah.”Direktur PDAM Pak Andi sudah menjelaskan program mereka ke depan sudah ada dibangunkan intake yang kecil untuk menyalurkan ataupun mendistribusikan air yang kekurangan. Tapi bukan untuk pasang baru karena kalau untuk pasang baru beliau sendiri sebelum di dalam pertemuan reses ini tadi di ruang pak camat sudah menjelaskan bahwa pasang baru PDAM belum sanggup. Daripada mereka dipasang nanti tidak dapat memenuhi air lebih baik ditahan dulu. Untuk di 2024 itu mudah-mudahan Insya Allah sudah sampai pengaliran sempurna dan bisa melanjutkan nomor antri untuk pasang baru,” bebernya.

Lebih lanjut Pomi menerangkan, itu jalan sudah masuk dalam progres anggaran di 2022 yang sebentar lagi habis.  Untuk pelaporannya kalau tidak salah tutup buku di tanggal 15 Desember 2022 dan sebagian itu sudah direalisasikan.”Ada sebagian masih jadi PR dan lampu jalan ini keperluannya untuk se Kota Palembang ini banyak bukan wilayah sini saja dijelaskan tadi ada 18 Kecamatan dan 107 Kelurahan dan sekitar 5.000 RT kurang lebih yang memerlukan penerangan lampu jalan. Dampak dari lampu jalan ini banyak diantaranya keselamatan karena rawan kecelakaan, kedua begal. Jadi kami juga meminta dengan pihak terkait supaya mereka mensiasatilah bagaimana permintaan dari masyarakat Kota Palembang ini bisa mereka kerjakan semaksimal mungkin. Kalau untuk masalah banjir, teman-teman ini nanti ke Pusri untuk menanyakan hasil reses 3 bulan yang lalu minta sodetan sungai supaya bisa meneruskan ke Sungai Musi. Jadi ini juga hasil reses kami di Dapil 4 ini akan kami tuangkan dalam laporan yang akan dibacakan saat rapat Paripurna dan disampaikan ke Pemerintah Kota Palembang. Dan Pemerintah Kota Palembang harus segera melaksanakan amanat dari masyarakat khususnya di Dapil 4,” tandasnya.

Keterangan foto: Kegiatan reses Dapil IV di beberapa lokasi. 

Kemudian ketua Dapil V DPRD Palembang melalui anggota, H Edi Saad SH MM mengatakan, sejumlah aspirasi yang diterima pihaknya dalam reses mengenai kerusakan lampu jalan di beberapa titik jalan. “Selain itu, ada usulan insentif dari salah satu ketua RW agar insentif dinaikan jika memang ada anggarannya. Pertimbangan permintaan ini karena cakupan wilayah ketua RW lebih luas. Selain itu kata lanjut Edi, ada permintaan agar jalan setapak di beberapa Lorong diperbaiki karena jalan yang rusak.
Selanjutnya kata Edi, ada juga warga meminta agar dilakukan perbaikan gorong-gorong. Semua aspirasi konstituen akan ditindaklanjuti pada anggaran 2024 mendatang.

Keterangan foto: Kegiatan Dapil 5 saat melaksanakan reses pada 22-26 Agustus 2023.

Sementara Ketua Dapil VI, DR H Fauzi Achmad mengatakan, salah satu kegiatan reses yakni mengunjungi Kantor Imigrasi guns melihat dan mengetahui bagaimana pelayanan kepada masyarakat di Kantor Imigrasi Palembang ini.
Menurut Fauzi, keberhasilan Kantor Imigrasi Palembang ini sudah luar biasa. Penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari target Rp 6 miliar tahun 2023 ini sudah mencapai Rp 15 miliar lebih. “Artinya mencapai hampir 3 kali lipat dari target. Untuk pelayanan paspor, saat ini sistemnya cepat sekali yakni 3 hari sudah bisa selesai apalagi sekarang sudah ada aplikasi M pasport jadi bisa cepat selesai,” terangnya. Fauzi berharap dan dan mendukung pihak Imigrasi pada 2024 nanti menjadi Imigrasi yang mencapai WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani).

Anggota DPRD Kota Palembang Daerah Pemilihan (Dapil) 6 meliputi Seberang Ulu 1, Jakabaring dan Kertapati  kembali menggelar reses di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Kamis (24/8/2023). Dalam reses kelompok tersebut di ikuti oleh Zainal Abidin (Fraksi Partai Demokrat), Fauzi Achmad (Fraksi PAN), Raudhatul Jannah (Fraksi Partai Gerindra).

Koordinator Reses Dapil 6, Fauzi Achmad  didampingi Raudhatul Jannah  mengatakan, reses ini  merupakan kewajiban sebagai anggota DPRD sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku,“Sehingga, Kami harus turun ke lapangan atau menjemput bola seperti apa keluhan masyarakat kalau ada yang memberikan masukan, kritikan dan saran silahkan. Tujuan kami bagaimana mengabdikan kan mandat itu dari rakyat jadi kami harus melayani,” ungkap Fauzi.

Keterangan foto: Reses anggota Dapil VI DPRD Palembang pada 22-26 Agustus 2023.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin SH mengatakan kegiatan reses untuk mendapatkan masukan dari masyarakat sehingga kedepan bisa menjadi bahan evaluasi bagi legislatif dan eksekutif. (*)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *