Sempat Buron Dua Bulan, Pelaku Pembunuhan Dibekuk

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Sempat buron selama 2 bulan bersembunyi di kawasan Rambutan. Kabupaten Banyuasin, tersangka Asep Putra (36) berhasil diringkus Tim Opsnal Polsek Ilir Barat (IB) II Palembang, Minggu (8/8).

Tersangka Asep Putra, warga Jalan Kironggi Wirosantika Lorong Setia Budi Rt 12 Rw 04 Kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB 2 Palembang. Merupakan pelaku utama pembunuhan yang diduga dilatarbelakangi penjualan narkoba, membuat korban Riko Sanani (36) warga Jalan Sei Tawar IV Kelurahan 29 Ilir Kecamatan IB 2 Palembang tewas.

Duel maut, korban Riko mengunakan sajam parang, sedangkan tersangka Asep mengunakan pisau. Membuay korban Riko Sanani (36) tewas akibat dua tusukan senjatan tajam (sajam) jenis pisau sebanyak dua lubang salah satunya di dada kiri tepat di jantung, usai duel di kawasan Jalan Kironggo Wirosantiki Lorong Setia Budi Kelurahan 30 Ilir, Minggu (23/5) sekitar pukul 06.30 wib.

Usai duel maut, tersangka Asep Putra, langsung kabur tersangka sempat pulang ke rumah, baru ke kawasan Km 5, tersangka sempat bertemu dengan istri dan keluarga, dalam pertemuan itu tersangka baru mengetahui jika korban tewas. Yang membuat tersangka kembali memilih kabur ke kawasan Rambutan Kabupaten Banyuasin. “Usai nusuk dua kali lebih aku balek ke rumah kasih tahu itu, aku langsung ke Palimo, aku tahu dia (korban-red) mati aku langsung ke Rambutan rumah mertua, di sana aku nyawit,” aku tersangka.

Masih dikatakan tersangka, ┬ájika dirinya ditangkap setelah pulang ke rumah karena kangen anak. “Kangen anak apalagi dia minta beli handphone karena sekolah kan sistem online, jadi aku balek ke rumah,” akunya.

Akan tetapi tersangka menuturkan jika aksi duel maut itu lantaran dirinya diserang duluan oleh korban, apalagi dirinya tidak ada permasalahan, hingga pisau yang di simpan di balik tangga, menjadi senjata untuk melindungi dirinya dari bacokan golok korban. Sementara antara korban dengan tersangka merupakan teman yang sama ‘bermain’ narkoba.

Sementara itu, Kapolsek IB 2 Palembang Kompol M Ihsan, didampingi Kanit Reskrim Iptu Ruswanto, membenarkan jika pihaknya menangkap buronan kasus pembunuhan, saat hendak ditangkap tersangka berusaha kabur dan melawan hingga petugas mengambil tindakan tegas terukur.”Kita mengamankan tersangka pembunuhan atas nama Asep, tadi pagi. Ini DPO pembunuhan selama 2 bulan, kita ketahui dia ini pulang ke rumah langsung kita lakukan penangkapan dekat rumahnya, pada saat hendak ditangkap tersangka berusaha kabur dan melawan akhirnya tersangka mendapat tindakan tegas terukur dari petugas,” ungkap Kompol M Ihsan.

Modus sementara, dijelaskan Kapolsek IB 2 Palembang, antara korban dengan tersangka terjadi cekcok karena narkoba jenis sabu. “Tersangka melakukan pembunuhan karena cekcok masalah narkoba korban belum bayar atau bagaimana masih kita ungkap, dugaan sementara tersangka ini pemain lama narkoba jenis sabu,” jelasnya.

Atas perbuatannya, dikatakan Kapolsek IB 2 Palembang, tersangka dijerat dengan pasal berlapis. “Kita kenakan Pasal 338 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara Jo Pasal 351 Ayat (3) KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara,” jelasnya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *