Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H, SMB IV Gelar Zikir Ratib Samman Secara Sederhana

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA  –   Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah Kesultanan Palembang Darussalam menggelar zikir ratib samman di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di Jalan Sultan M Mansyur Palembang, Senin (9/8) malam.

Kegiatan digelar secara sederhana karena kota Palembang masih pandemi Covid-19 dan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes).

Hadir Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo Raden Muhammad Fauwaz Diradja,S.H.,M.Kn, Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Jayo Syarif Lukman, Pangeran Kesumo Abdul Ghofar,  Pangeran Mas’ud Khan.

Acara dimulai dengan  pembacaan zikir ratib samman oleh majlis dzikir ratib  Syekh Muhammad Samman , Man Ana, masjid Al Amanah Kelurahan 27 Ilir Palembang ,  pimpinan ustad RM Siddik Abdullah, S.Ag dan diakhiri doa.

Menurut SMB IV  pihaknya sengaja memperingati Tahun Baru Islam , 1 Muharam  dengan acara sederhana yaitu dengan pembacaan ratib samman oleh majlis dzikir ratib  Syekh Muhammad Samman , Man Ana, masjid Al Amanah Kelurahan 27 Ilir Palembang ,  pimpinan ustad RM Siddik Abdullah, S.Ag “Kita ratib saman dulu kemudian kita memanjatkan doa supaya di awal tahun ini  diberikan kebaikan- kebaikan karena kita tahu karena kondisi pandemi ini seluruh dunia merasakannya  bukan hanya di Indonesia tapi kita memaknai dengan kejadian pandemi ini  bahwa kita harus lebih kuat dan Insya Allah mudah-mudahan di tahun yang baru ini menjadi harapan yang baru buat kita semua,” kata pria yang berprofesi sebagai notaris dan PPAT ini.

Apalagi menurutnya, kegiatan sengaja dibuat sederhana karena saat ini pandemi Covid-19 di Palembang sehingga yang hadir dalam kegiatan ini tidak lebih dari 50 orang .“Jadi sengaja tidak mengundang banyak khalayak tapi cukup kalangan internal,” katanya.

SMB IV mengakui, Ratib Saman merupakan tradisi dari era Kesultanan Palembang Darussalam. “Kita segala hal yang berbau islami menjadi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Kesultanan Palembang Darussalam,” katanya. (rel)

Poto: Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah Kesultanan Palembang Darussalam menggelar zikir ratib samman di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di Jalan Sultan M Mansyur Palembang, Senin (9/8) malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *