HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

RS Bhayangkara Jadi Rujukan Untuk Pemeriksaan Bakal Calon Legislatif Pada Pemilu 2024

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Rumah Sakit Bhayangkara Mohammad Hasan Palembang, jadi Rumah Sakit rujukan untuk pemeriksaan Bakal Calon Legislatif pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Suasana di RS Bhayangkara M Hasan Palembang, bacaleg sudah berdatangan sejak dari pagi, baik berada di lantai 3 banyak bacaleg antri sambil mengisi formulir untuk menjalani pemeriksaan. Jumat (28/04).

Pemeriksaan kesehatan pada Bacaleg, dikatakan Kepala Rumah Sakit (Karumkit), AKBP dr. Wahono Edhi Prastowo, Sp.PD, FINASIM, sudah berlangsung sebelum hari raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023. Setiap Bacaleg diharuskan melaksanakan pemeriksaan kesehatan, seperti Surat Keterangan Sehat. Surat Bebas Narkoba dan Surat Kesehatan Rohani, baik perorangan maupun secara kolektif. “Kami melayani pemeriksaan kesehatan baik itu surat kesehatan maupun surat bebas narkoba dan surat sehat rohani. kami sudah melayani sebelum lebaran tapi terpotong karena cuti lebaran.” “Dan sudah ada beberapa caleg yang memeriksa ke kita. Malahan ada juga dari beberapa partai meminta kita melakukan pemeriksaan secara colektif di RS Bhayabgkara.” ungkap Wahono.

Dikatakan Karumkit Bhayangkara M Hasan Palembang, para bacaleg ini menjalani pemeriksaan kesehatan luar dan dalam langsung oleh dokter spesialis masing masing. “Iya pemeriksaan luar dalam, fisik terus bebas narkoba untuk urine dan rohani dari spikiatri. Disini kita melibatkan dokter spesialis jiwa, dokter spesialis fatologi klinik untuk pemeriksaan lab nya, dokter THT, dokter Mata, dokter kandungan jika bacalegnya perempuan, dan dokter spesialis penyakit dalam serta dokter umum,” jelasnya.

Dikatakan Karumkit, untuk biaya pemeriksaan kesehatan para bacaleg ini, tergolong murah setelah pihaknya melakukan beberapa survey. “Kami sdh disurvey rumah sakit rumah sakit sekitar insan allah paling murah tidak sampai 600 ribu, tepatnya saya lupa tapi sekitar 580 ribu.” ujarnya.

Dari pemeriksaan kesehatan bacaleg yang dilakukan petugas kesehatan dari RS Bhayangkara M Hasan Palembang, tidak ada satupun bacaleg yang dinyatakan gugur dalam tahap kesehatan. Karena menurut Wahono, setiap bacaleg adalah orang pilihan Partai. “Alhamdulillah sampai saat ini bacaleg ini bagus bagus ya, terutama kesehatan jiwanya tidak mungkin juga partai memilih bacaleg yang tracrecodnya baik kesehatan yang lain lainnya tidak bagus. Jadi sementara ini hasilnya Alhamdulillah bagus,” jelasnya.

Terhadap bacaleg yang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Bhayangkara Palembang, pihak RS Bhayangkara akan melakukan pemeriksaan lanjutan, setelah menjadwal ulang pemeriksaan bagi bacaleg dan partai. Dan untuk batasan pemeriksaan kesehatan bagi bacaleg pihak RS Bhayangkara menunggu ketentuan dari Kondisi Pemilihan Umum (KPU).  “Kita masih melakukan pemeriksaan lanjutan, karena masih ada bacaleg dan partai yang sudah kontak dengan kita tapi belum terlaksanak itu kita jadwal ulangkan, untuk batasan waktu itu tergantung KPU sebagai tempat pendaftarannya atau dari partainya, kalau kami sendiri terbuka, hasil pemeriksaan itu nantinya akan menjadi syarat untuk menjadi caleg,” terangnya.

Dr H Koner Zuber SH MH, salah satu bacaleg Provinsi Sumatera Selatan untuk Daftar Pemilih (Dapil) Sukarami, Alang Alang Lebar, Kalidoni, IT 1, IT 2, IT3, Sako, Sematang Borang, dari Partai Golkar, yang sedari tadi mengantri untuk menjalani pemeriksaan tadi. “Kita mau daftar caleg provinsi dari partai golkar, tadi pemeriksaan kesehatan semua hingga rohani, termasuk tes urine, disini betul betul tes, untuk hasil insak allah sebentar lagi keluar. Motivasi kita ikut caleg kita ingin membangun bangsa dan masyarakat, kita ingin masyarakat itu terbantu dalam keterpurukannya dan kita bersinergi dengan pemerintah setempat dalam rangka membangun indonesia seutuhnya khususnya di sumsel,” ujarnya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *