EkonomiHeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

RAT Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel XXIX Berlangsung Sukses

Keterangan foto: Suasana pelaksanaan RAT Puskosipa Poskopdit Handriya Sanggraha Sumsel

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Bertempat di Hotel Ayola Sentosa Jalan Kolonel Atmo 17 Ilir Palembang segenap anggota Primer Koperasi yang tergabung dalam Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel yang berasal dari 48 koperasi primer dari Provinsi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu pada Sabtu-Senin ( 14-16/5/2022 ) mengikuti RAT XXIX Tahun Buku 2021. Di mana Rapat Akhir Tahun ini .sebagai sarana menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel Tahun Buku 2021. Pengurus, Pengawas dan Manajemen koperasi primer anggota Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel merasakan dampak dari pandemi Covid 19 masih dirasakan di berbagai jenjang perkoperasian, baik di primer maupun di sekunder. Beberapa sisi tentunya yang terdampak antara lain; Sisi keuangan, yang terjadi likuiditas yang cukup tinggi, animo anggota dalam menyimpan dan meminjam mengalami penurunan sehingga berdampak pada pendapatan dan kemampuan anggota mengangsur belum stabil sehingga SHU menurun, NPL juga tinggi. Ketiganya belum dapat diatasi secara maksimal dengan berbagai usaha yang telah dilakukan. Kemudian sisi sumber daya manusia, teknologi dan informasi, diantara kita masih ada yang belum bisa mengikuti secara bersama-sama, sehingga cara pelayanan yang dilakukan Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel menyesuaikan dengan kondisi dan sasaran pelayanan. Namun PHS selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada anggota dengan cara memberikan pembinaan mengenai manajemen sistem penanggulangan permasalahan sisi usaha keuangan anggota pelayanan Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel.

Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel dalam memajukan koperasi dengan melaksanakan lima wajib (SPD), Solidaritas, Pendidikan, Audit dan Daperma) dan solid terhadap lima Pilar Gerakaran Koperasi Kredit Indonesia GKKI (Pendidikan, Swadaya, Solidaritas, Teknologi dan Persatuan dalam keberagaman) berusaha melakukan pemerataan pengenalan dan penggunaan teknologi dan informasi dalam pelayanan usaha, keuangan antar primer. Mengenalkan dan memaksimalkan media teknologi dalam bentuk aplikasi klikphs dan pasarphs guna mensupport profesionalitas dan kualitas pelayanan keuangan primer. Selanjutnya mengembangkan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pembinaan perkoperasian sesuai kebutuhan SDM dan organisasi di koperasi anggota Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel.

Menyadari, bahwa hal ini semua tidak bisa dilakukan sendiri, tanpa dukungan dan kontribusi dari seluruh elemen koperasi anggota Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel. Dalam proses ini semua, saya mengajak seluruh anggota Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel, mari kita tingkatkan profesionalitas kita masing-masing, guna bertahan mengembangkan organisasi dan bisa menyongsong masa depan yang lebih baik.

Melalui tema “ Pemberdayaan Usaha Anggota melalui Spin Off Koperasi Berbasis Teknologi” sebelum pelaksanaan RAT dilaksanakan lokakarya dengan narasumber bapak Suroto,SE dengan materi Spin Off Kopdit dilanjutkan penyusunan renstra baru dilaksanakan laporan pertanggungjawaan pengurus dan pengawas dan tanggapan atas laporan kinerja pengurus pengawas Pusksipa Puskpdit Handriya Sanggraha Sumsel.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel bapak Amiruddin dalam sambutan saat pembukaan mengatakan agar insan koperasi berani berinovasi dan melaksanakan perubahan di era digitalisasi saat ini demi meningkatkan kehidupan berkoperasi.

Di akhir acara beberapa primer koperasi menerima Award dari PHS. Semoga RAT XXIX ini, bisa semakin meningkatkan pelayanan koperasi terhadap anggota dan dapat menyemangati kita semua dalam menumbuh kembangkan laporan kinerja pengurus tahun buku 2021. (daris)

 

Susunan Kepengurusan”

Penasehat
1. Rm Boifasius Djuana PR
2. Drs T.Soedadi, MBA
Ketua : Lusianus Intarso,SE
Wakil Ketua : MM Sudarmi
Sekretaris : NS Andy AryokoS. Kep MARS
Endahara : Dra Lily Kohar, M.Si
Anggota : Nasrul Latif

Pengawas : 1. Dra Lucia Retno
2 V SupriyantoroS.Psi
3 V Eddy Cahyono, S.Sos

 

Award Poskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha

diberikan kepada:

Koperasi dengan pertumbuhan asset idel,
KSP Karya Mandiri Jambi
CU Sinar Kasih Jambi
KSP Bahar Mandiri Jaya Jambi
Pertumbuhan anggota ideal,
CU Sinar Kasih Jambi
KSP Karya Mandiri Jambi
KSP Bina Kasih Sejahtera Jambi
NPL terendah, asset sampao 5 Milyard
KSP Kredit Karya Mandiri Palembang
Kopdit Manunggal Asih Palembang
KSP Sido Rukun Tanjung Enim
NPL Terendah aset 5 M – 20 M
Kopdit Samaria Palembang
Kopdit Abdi Sesama Palembang
CU Sinar Kasih Jambi
NPL Terendah aset diatas 20 M
KSP Rias Musi Rawas
KSP Kopdit Rukun Palembang
Kopdit Himpunan Usaha Bersama Banyuasin
Simpanan Non saham terbesar
Koperasi Abdi Sesama Palembang
Kopdit Karya Jasa Palembang
KSP Karya Usaha OKI
Pembayaran bunga pinjaman terbesar,
KSP Rias Musi Rawas
Kopdit Karya Ibu Palembang
Kopdit Sentosa Palembang
Tata kelola manajemen terbaik, Aset sampai 5 M
KSP Bahar Mandiri Jambi
Tata kelola manajemen Terbaik Aset 5 M – 20 M
Koperasi Abdi Sesama Palembang
KSP Karya Mandiri Jambi
Tata kelola manajemen Terbaik diatas 20 M
Kopdit Karya jasa Palembang
Kopdit Himpunan Usaha Bersama Banyuasin
Tata administrasi lembaga terbaik,
Kopdit karya Jasa Palembang
Kopdit Himpunan Ussaha Bersama Banyuasin
Tertib pembayaran premi dan Daperma
Kopdit Karya Mandiri Jambi
KSU Sentosa Jambi
Kopdit Nusa Indah Banyuasin
Kopdit Rukun Palembang
Kopdit Himpunan Usaha Bersama Banyuasin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *