HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana UPGRIP Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Guna mendorong para guru dapat menulis karya ilmiah sebagai salah satu amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah kepada para guru di SMA Negeri 20 Palembang.

Kegiatan yang juga diikuti oleh sosialisasi tentang berbagai Program Studi yang dimiliki UPGRIP, Pelatihan Penulisan Ilmiah ini dilakukan juga dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Tim Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana UPGRIP.

Ketua Tim PkM Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Dr. Masagus Firdaus, M.Pd mengatakan PkM ini diikuti oleh Para Tim Dosen yakni Dr. Tahrun, M.Pd., Dr. Mulyadi, M.A., Dr. Sri Wahyu Indrawati, M.Pd. , Santi Mayasari, M.Pd., serta di bantu oleh dua mahasiswa Henny Fitri Wahyuni dan Fadilah Khairani.

Menurutnya, saat ini masih sedikitnya kesempatan bagi para guru untuk menulis artikel ilmiah, dan belum miliki kemampuan menulis membuat para guru belum maksimal membuat karya tulis ilmiah. Apalagi ditambah belum mengetahui bagaimana mempublikasikan karya tulis ilmiah yang dimiliki sebagai bentuk penyebaran ilmu pengetahuan kepada masyarakat umum.

Dikatakan Dr. Masagus Firdaus, M.Pd bahwa kegiatan pelatihan bagi guru-guru di SMA Negeri 20 Palembang mengenai penulisan gagasan dan pengetahuan baik yang telah dimiliki maupun pengetahuan ilmuan terdahulu ke dalam bentuk artikel ilmiah yang tentunya akan memberikan ilmu dan informasi bagi orang lain. Sasaran dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah para guru di SMA Negeri 20 Palembang -Sumatera Selatan. “Setelah dilakukan pelatihan diharapkan para guru dapat memahami dan mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapatkan tentang penulisan artikel ilmiah. Dengan berhasilnya guru merealisasikan pemahaman tersebut diatas, maka setelah selesai dilakukannya sosialisasi tersebut, para peserta dapat melakukan kegiatan penulisan artikel ilmiah yang tentunya akan dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuan yan dimiliki,” ujarnya.

Adapun penyampaian materi dalam PkM tersebut Dr. Masagus Firdaus, M.Pd dan Santi Mayasari, M.Pd. dengan materi Teknik Penulisan Artikel mencakup Pencarian Teori rujukan (Kajian teori), Teknik Pembuatan Kutipan dalam Artikel (Intext Citation), Teknik penulisan daftar pustaka (References), Pengenalan Jurnal Ilmiah (Nasional) Terakreditasi Sinta dan Pengenalan Jurnal Ilmiah (Internasional) Scimagojr. Kemudian Dr. Mulyadi, M.A. mengusun tema Artikel Ilmiah dan Pentingnya Artikel Ilmiah dalam Pendidikan dan Dr. Tahrun, M.Pd mengangkat tema Metode Penelitian dan Dr. Sri Wahyu Indrawati, M.Pd. dengan materi Hasil Penelitian dan Pembahasan dan Kesimpulan.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Direktur II sekaligus Kabag Humas UPGRIP Dr. Mulyadi, M.A pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa UPGRIP sebagai salah satu Perguruan Tinggi pilihan memiliki banyak keunggulan. Universitas PGRI merupakan Cyber University, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan pembangunan.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel. “Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan bebas uang matrikulasi,” urainya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 20 Palembang Dra. Hj. Indrita Kelana Sopuan, M.Si manyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Tim PkM Dosen PPs UPGRIP juga melakukan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PPs UPGRIP di SMA Negeri 20 Palembang. “Dengan adanya pelatihan penulisan artikel Ilmiah bagi guru-guru di SMA Negeri 20 Palembang diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dan memperluas ilmu pengetahuan yang didapat ke masyarakat, khususnya ke siswa-siswi SMA Negeri 2 Palembang,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *