HeadlineHukum&KriminalPalembangPolda SumselSUMSEL

Polda Sumsel Sudah Tangani 50 LP dengan 80 Tersangka Kasus Karhutla

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Polda Sumatera Selatan (Sumsel) sampai saat ini telah menangani 50 Laporan Polisi (LP) dengan 80 tersangka. “Kami sudah membuat Laporan Polisi 50 di mana ada 80 tersangka, di mana sebanyak 51 tersangka mudah dilakukan proses pendidikan,” ungkap Dirbinmas Polda Sumsel, Kombes Pol Sofyan Hidayat. SIK Didampingi Kombes Pol Iskandar F.S. SIK, Dirintelkam Polda Sumsel, Jumat (20/10).

Dikatakan Kombes Pol Sofyan, dari 80 tersangka yang diamankan Polda Sumsel, sebagian besar warga masyarakat dan hanya ada 1 korporasi di Banyuasin yang ditetapkan sebagai tersangka, tujuan para tersangka membakar untuk membuka lahan. “Semua dari masyarakat, dan ada juga satu dari perusahaan di Banyuasin, tujuan mereka membakar itu untuk membuka lahan dengan cara yang singkat, dan mudah,” katanya.

Untuk itu Kombes Pol Sofyan, mewakili Polda Sumsel, menghimbau warga masyarakat khususnya warga masyarakat Sumsel, di musim kemarau diharapkan tidak melakukan pembakaran.

Lantaran akibat api pembakaran dapat berdampak luar, mengingat kekeringan yang panjang, hujan yang tidak kunjung turun dan angin yang bertiup kencang, dapat menimbulkan kebakaran yang besar. “Tolong pada masa kemarau ini tidak melakukan upaya -upaya pembakaran, dulu kita pernah menderita karena covid, kenapa udara yang sudah bersih ini kita cemarkan dengan upaya- upaya yang menyusahkan orang lain. Tolong, sebelum berbuat ingat jangan merugikan orang lain,” imbaunya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *