HeadlineNasionalPalembangSUMSEL

Persiapan Natal 2021 di Gereja Santo Yoseph Palembang

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2021, Paroki Santo Yoseph Palembang di mana Paroki ini merupakan salah satu Gereja Katolik yang jemaatnya terbesar di Palembang melakukan berbagai macam persiapan.

RD. Silvester Joko Susanto ,Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang melalui Romo Surawan kepada media sriwijaya mengatakan persiapan yang dilakukan meliputi persiapan di dalam gereja serta persiapan rohani bagi umat, seperti kegiatan Masa Adven I-V yang sudah berlangsung lima minggu, Umat diajak merenungkan sabda Tuhan dengan mempersiapkan masa advent. Di lingkungan ada kegiatan doa dan diberi tema-tema untuk merenungkan, mempersiapkan natal seperti yang diharapkan bapak uskup, di Gereja dilaksanakan Novena Kanak-kanak Yesus selama 9 hari sejak 13 Desember 2021 berlangsung setiap hari pagi pkl 05.00 dan pada Rabu, 22 Desember dengan ibadat Tobat dan Absolusi Umum Keuskupan Agung Palembang yang akan di pimpin oleh Mgr Yohanes Harun Yuwono melalui steaming Komsos KaPal pkl 18.30. Untuk persiapan di dalam gereja Orang Muda katolik ( OMK ) membuat gua natal, memasang pohon natal. Paroki Santo Yoseph menyambut natal, juga melakukan kegiatan sosial dengan membagikan sembako kepada keluarga-keluarga yang tidak beruntung baik yang didalam keluarga jemaat maupun ke panti asuhan.

Dalam persiapan Ibadat Natal 2021, Sesuai surat edaran menteri bahwa diperkenankan mengadakan ibadah natal dengan persyaratan tertentu, maksimal 50% dan dengan prokes ketat, maka setiap bangku duduk umat di dalam gereja diberi tanda mana yang boleh ditempati dan yang tidak. Sebelumnya jemaat masuk cuci tangan, dicek suhu tubuh, kemudian petugas mengarahkan. Ibadah pada 24 Desember malam Natal ibadah di bagi dua kelompok untuk mematuhi protokol kesehatan 50 % umat hadir yaitu pukul 17.00 dan 19.30. Sedangkan untuk Ibadah Natal 25 Desember pukul 06.00 dan 09.30 pagi. Jemaat dibagikan kartu merah dan hijau, ibadah sesuai warna kartu yang diterima masing-masing. Untuk keamanan ibadah dikordinasikan dengan pihak kepolisian yang memiliki prosedur tetap dan pengamanan dilakukan dari tanggal 24 Desember hingga tanggal 2 Januari 2022.

Tema Natal tahun ini adalah Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan. Gerakan persaudaraan untuk kita semua berdasarkan surat Santo Petrus, harus membangun persaudaraan sejati tanpa membeda-bedakan. “Harapannya dengan hadirnya Kristus ke dunia, dibuktikan melayani siapapun dan mencintai siapapun. Umat perlu membangun persaudaraan, tidak perlu khawatir atau cemas. Umat diharapakan menjadi garam dan terang dimanaupun agar persaudaraan yang dibangun memberi warna dan kekuatan untuk mewujudkan kehendak tuhan,” Ungkat Romo Joko. ( daris ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *